Berita populer jawa barat

Realisasi Penyaluran KUR 2018 Capai Rp100 Triliun

Harianjabar.com – Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian menyatakan sampai dengan September kemarin realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah mencapai Rp100 triliun. Penyaluran tersebut sudah mencapai 81 persen dari target sebesar Rp123,6 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan kebanyakan KUR tersebut tersalur untuk kredit mikro. Porsi penyalurannya mencapai 63,6 persen.

Selain untuk usaha mikro, KUR juga dinikmati oleh sektor usaha kecil dan TKI. “Masing-masing porsinya 36 persen dan 0,4 persen,” katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Sabtu (27/10).

Sementara itu mengenai wilayah penyaluran, Iskandar mengatakan KUR banyak mengalir di Jawa. Porsi penyaluran KUR di Jawa per September mencapai 54,9 persen.

“Sumatra 19,3 persen, Sulawesi 11 persen, Bali dan NTB 6,9 persen, Kalimantan 6 persen dan Maluku serta Papua 1,9 persen,” katanya.

Sebagai informasi pemerintah 2018 ini mengalokasikan KUR sebesar Rp123,631 triliun dengan bunga 7 persen per tahun. KUR tersebut disalurkan untuk sektor produktif, seperti; pertanian, perburuan, kehutanan, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, konstruksi dan jasa.

Please follow and like us:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like