Berita populer jawa barat

Chip on Film, Teknologi Yang Membuat Tampilan Layar Tanpa Batas pada Honor 8X

Harianjabar.com – Teknologi selalu mengalami perkembangan yang sangat cepat. Khususnya pada smartphone, kini selalu mengalami perubahan, baik pada performa mau pun tampilannya. Nah, dari segi tampilan, sudah banyak smartphone yang mengadopsi fitur FullView atau tampilan penuh pada layar yang hampir bezel-less atau tidak ada batasan pada sisi kiri, kanan, dan bawah pada layar.

Khusus pada Honor 8X, pasti kalian semua sudah banyak yang tahu kalau smartphone terbaru dari Honor ini memiliki layar FullScreen yang luar biasa hingga 91% . Nah, mungkin belum banyak dari kamu yang tahu kalau kita harus berterima kasih pada Chip on Film (CoF), yaitu teknologi yang memungkinkan Honor 8X untuk memiliki tampilan layar yang sedemikian luas namun juga memungkinkan untuk memiliki bentuk body yang demikian tipis. Sebenarnya apa sih CoF itu? Yuk kita simak bersama di bawah ini.
Chip on Film
Teknologi ini merupakan salah satu hal yang menjadi unggulan bagi Honor 8X. Kalau pada teknologi yang biasa dipakai, yaitu Chip on Glass (CoG), menempatkan chip FPC yang biasa ditempatkan pada bagian dagu bawah smartphone, membuat smartphone pada umumnya terlihat masih memiliki bezel pada bagian dagu.
Perbedaan antara Chip on Glass (CoG) dengan Chip on Film (CoF). (Foto: XDA-Developers)
Namun lain halnya dengan Honor 8X yang telah memakai CoF. Dengan teknologi ini, memungkinkan chip FPC dilaminasi untuk ditempatkan berada di belakang layar, sehingga dapat memangkas jarak antara layar bawah dengan chip yang biasa ditempatkan. Bisa dilihat pada ilustrasi di atas, bahwa dengan teknologi CoF dapat menghilangkan jarak pada bezel bawah hingga 1- 2 mm. Merupakan jumlah jarak yang cukup besar untuk dihilangkan. Karena proses pembuatannya sulit dan tentu memakan biaya yang lebih mahal, maka tidak semua smartphone menerapkan teknologi ini.
Honor 8X termasuk smartphone yang tidak hanya beruntung dapat menerapkan teknologi ini, namun termasuk berani untuk tampil berbeda dengan tujuan memaksimalkan tampilan layar dan bentuk body nya. Karena tidak banyak smartphone yang dapat menerapkan teknologi ini, maka slogan “For The Brave” yang menjadi andalan Honor pun bukan hanya sekadar kata-kata yang selalu dipakai, namun juga dibuktikan dengan hasil karyanya yang luar biasa.

Please follow and like us:

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Might Also Like