3 Manfaat Olahraga Panahan

Harianjabar.com – Kegiatan outbound tidak hanya terbatas di wahana permainan flying fox, arung jeram, dan banana boat. Tahukah anda? Bahwa kegiatan outbound juga bisa diracik dengan games baru yaitu “Panahan”. Panahan merupakan salah satu cabang olahraga yang mengutamakan konsentrasi, kesabaran dan ketenangan di saat bermain. Karena saat orang lain yang ber­main panahan, terlihat sangat mudah tapi tidak dengan prakteknya. Selain, harus bisa mengatur faktor dari luar seperti arah kecepatan angin dan titik sudut. Memanah juga membutuhkan keterampilan dalam settingan alat, maupun tekniknya supaya bisa benar-benar menembakan setiap anak panah tepat sasaran.

Bermain panahan bukan hanya sekedar bermain melepas anak panah saja namun ada  manfaat penting bagi pemainnya seperti meningkatkan konsentrasi, melatih kekuatan otot tangan, lebih tenang dan melatih kesabaran. Karena perasaan gugup, pemarah, kurang sabar bukan­lah seorang pemanah yang baik. Me­manah sangat mengutamakan keseimbangan tubuh, meningkatkan rasa tanggung jawab serta disiplin diri, tingkatkan jati diri serta kepercayaan pribadi jadi memang disarankan untuk mencoba memanah.

Memanah di Citra Alam Seaside

Serunya bermain panahan adalah saat kita membidik sasaran, menarik anak panah hingga menempel pipi, semen­tara mata membidik sasaran, ketika lepas dan anak panah menancap tepat sasaran. Bermain panahan memiliki beragam manfaat, sebagai berikut:

1.Melatih Kesabaran dan Konsentrasi

Salah satu manfaat bermain panahan adalah untuk melatih kesabaran dan konsentrasi karena dituntut untuk membidik target dari jauh maka fokus dan konsentrasi sangat berperan penting dalam panahan. Berlatih konsentrasi saat memanah juga akan melatih untuk bisa berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fokus, kita bisa meredam kekhawatiran sehingga bisa lebih bersabar.

2. Melatih Koordinasi dan Kecepatan

Memiliki koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan penting untuk memanah. Dengan berbagai gerakan yang berbeda seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata, tangan kita akan terlatih untuk bisa bekerja sama dalam waktu yang cepat. Selain akan menghasilkan pembidikan yang baik, peningkatan koordinasi dan kecepatan juga bisa membantu kita dalam kegiatan lainnya.

memanah di Citra Alam Seaside
3. Melatih Fokus

Fokus merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, khususnya para pelajar dan remaja yang kondisi jiwanya masih tidak stabil atau biasa dikatakan labil. Oleh karena itu, daya fokus yang kuat sangat dibutuhkan pada setiap individu agar tidak tergerus oleh arus yang negatif. Fokus juga sangat dibutuhkan untuk mencapai segala sesuatu yang dikehendaki. Maka dari itu, melatih daya fokus merupakan hal yang mampu meningkatkan daya fokus.

Panahan bukan hanya untuk orang dewasa saja tapi bisa juga buat anak-anak dan tentunya permainan ini dalam pengawasan instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya. Yuk, bagi kalian penyuka panahan bisa dicoba !.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *