FKIP Unpak Gelar Sosialisasi Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS)

Harianjabar.com – Program Hibah Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) kedua FKIP Unpak diawali dengan kegiatan sosialisasi mengenai pelaksanaan Program Penugasan Dosen di Sekolah, Senin (8/11/19).

Menurut, Dekan FKIP, Drs, Deddy Sofyan, M. Pd., Hibah PDS kedua ini merupakan bentuk kepedulian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) agar bisa menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

“Bagi sekolah diharapkan PDS dapat menguatkan LPTK dengan sekolah,” ungkapnya.

Kemudian, Dr. Entis Sutisna, M.Pd selaku ketua PDS mengunkapkan, PDS guna

memberikan pengalaman pembelajaran di sekolah kepada dosen. “Bagaimana mengelola pembelajaran di sekolah dan berkolaborasi dengan guru. Akhir dari PDS berupa laporan, RPP, Silabus dan evaluasi pembelajaran,” ucap Entis.

Acara yang dihadiri oleh pihak sekolah dan ketua prodi di lingkungan FKIP Universitas Pakuan ini nantinya dilaksanakan pada bulan Juli – September mendatang.

Guru dan dosen akan berkolaborasi selama 8 kali pertemuan di sekolah. Turut hadir Dr. Eka Suhardi, M.Pd selaku narasumber sosialisasi PDS yang memberikan gambaran umum mengenai PDS. PDS dilakukan untuk mencoba agar tidak ada jarak antara LPTK dan sekolah.

Proses pembelajaran yang dialami oleh dosen dapat ditransformasikan kepada mahasiswa di kampus. Hibah PDS kedua ini FKIP Univeritas Pakuan akan bermitra dengan beberapa sekolah. Diantaranya, SD Negeri Lawanggintung Bogor, SMP Negeri 2 Bogor, SMA Negeri 10 Bogor, dan SMK Negeri 3 Bogor.

Dengan demikian,guru dapat berkolaborasi membuat penelitian tindakan kelas dan juga dapat menambah pengetahuan dalam mengajar. Acara tersebut ditutup oleh pemaparan Sandi Budiana, M.Pd dan akan berlanjut pada workshop penyusunan perangkat pembelajaran minggu depan.

(ON)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *