Harian Jabar

5 Sifat yang Tanpa Sadar Bikin Kamu Dijauhi Orang-orang di Sekitarmu

Harianjabar.com – Banyak manusia yang sejak lahir sudah memiliki kemampuan untuk menarik orang lain dan disukai oleh siapa pun. Di lain sisi, ada juga orang yang keberadaannya seolah diabaikan oleh orang lain atau bahkan dijauhi. Padahal bagaimanapun juga manusia adalah makhluk sosial. Bahkan, walaupun kamu pada dasarnya adalah seorang penyendiri, kamu masih perlu berkomunikasi setiap hari dengan orang lain.

Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan introspeksi diri dan memperbaiki apa yang perlu. Berikut beberapa sifat yang bisa jadi penyebab kamu dijauhi orang-orang di sekitarmu.

1. Terlalu banyak bicara tapi enggan mendengarkan orang lain

Sangat menyebalkan memang jika kita ngobrol dengan orang yang hanya mau berbicara tentang dirinya sendiri. Sedangkan dia sendiri bahkan sama sekali tidak menunjukkan minat untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan kepadanya.

Bahkan walaupun kamu memiliki sifat yang cerewet dan suka berbicara, alasan ini sama sekali tidak bisa dijadikan pembenaran untuk mendominasi pembicaraan. Jadi, mulailah belajar menutup mulut rapat-rapat dan memasang telinga lebar-lebar saat orang lain ingin kamu mendengarkannya.

2. Kamu terlalu banyak mengkritik

Tidak ada orang yang menyukai individu yang hanya tahu bagaimana caranya mengkritik, tanpa memberikan solusi atau pujian kepada orang lain. Percayalah, terkadang orang-orang tidak peduli dengan apa yang kamu katakan atau kritik, sehingga kadang kala kamu harus diam membiarkan sesuatu terjadi sebagaimana mestinya dan membiarkan orang lain melakukan apa yang mereka mau.

3. Suka menyalahkan orang lain

Suka menyalahkan orang lain atau ketidakmampuan untuk mengakui kesalahan diri sendiri adalah karakteristik lain yang tidak bisa ditoleransi dan membuat kamu dijauhi oleh orang-orang. Sebab, tentunya tidak ada orang yang ingin menanggung kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

4. Selalu menyombongkan diri sendiri

Kita semua sesekali suka menyombongkan kebahagiaan setelah mencapai keberhasilan dan mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi membual dan menyombongkan diri secara terus-menerus sudah pasti akan meninggalkan kesan yang sangat tidak baik. Juga, jika kamu bersikap seolah-olah levelmu berada di atas orang lain, bukannya membuat orang lain terkesan, hal ini justru akan membuatmu memiliki lebih banyak musuh daripada teman.

5. Menggunakan orang lain sebagai bahan lelucon

Jika kamu adalah orang yang banyak menunjukkan sikap kasar, sering menghina, dan mempermalukan orang-orang, walaupun dengan niat bercanda atau bersenang-senang semata, hal ini akan membuat kamu dijauhi orang-orang. Sebab, bukan tidak mungkin orang lain benar-benar merasa tersinggung saat kamu menggunakannya sebagai bahan lelucon. Alhasil, orang-orang akan menghindari bertemu denganmu karena merasa tidak nyaman dengan sikapmu ini.

Sekarang cek lagi, apakah ada orang-orang di sekitarmu yang terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya padamu. Cek juga apakah kamu memiliki sifat-sifat di atas. Jika iya, kamu sudah tahu bukan apa penyebab ketidaksukann orang-orang padamu. Untuk itu, segera hilangkan sifat-sifat negatif tersebut dan gantikan dengan sifat yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *