Harian Jabar

Ridwan Kamil Minta Izin Kiai untuk Tes Masif Covid-19 di Pesantren

BANDUNG, – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan melakukan rapid test Covid-19 secara masif menyasar zona pendidikan, khususnya pesantren. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun akan meminta izin kepada para ulama dan kiai.

“Di Jabar banyak pesantren. Mohon izin kepada ulama dan kiai, dalam minggu ini tes masif akan dilakukan juga di pesantren-pesantren. Semoga tidak ada kasus positif,” kata Ridwan Kamil pada video conference Rapat Terbatas Koordinasi Lintas Provinsi terkait Monitoring Pelaksanaan Penanganan Pandemi Covid-19 bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020).

Dari tes masif yang sudah dilaksanakan hingga saat ini ditemukan pola baru, yakni ditemukannya kasus positif Covid-19 di zona pendidikan. Dengan demikian tes cepat perlu lebih masif dilakukan di lingkungan pendidikan, terutama pendidikan berasrama, di antaranya pesantren.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, tes masif diupayakan sebanyak mungkin untuk dapat mengetahui peta sebaran kasus positif, pelacakan riwayat kontak, dan pengobatan guna memutus penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit Covid-19.

Provinsi Jabar, katanya, saat ini telah memiliki alat tes cepat sekitar 100.000 dan sudah didistribusikan sekitar 63.000 ke 27 kabupaten/kota. Sejauh ini dari hasil tes cepat yang sudah masuk sebanyak 21.600, kasus terinfeksi Covid-19 ditemukan 826.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *