Harian Jabar

Warga di Kabupaten Bogor Inisiatif Semprot Disinfektan ke Rumah-rumah

Kades Cimandala Soediyanto (tengah) saat meninjau warganya yang melakukan penyemprotan disinfektan.

Harianjabar.com – Penyebaran virus corona (covid-19) yang kian signifikan dan terus memakan korban, terutama di wilayah Jabodetabek, membuat sejumlah permukiman di Kabupaten Bogor berinisiatif melakukan aksi penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Warga Gang Kitri RT 01 RW 02, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, berinisiatif menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

“kalau mau menunggu pemerintah mungkin lama karena banyak yang mau disemprot. Maka dari itu warga secara bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, swadaya masyarakat,” ujar Ketua RT 01/02 Desa Cimandala, Mislan Jaya, Rabu (15/04/2020).

Dia menyebut warga secara swadaya menggalang dana untuk membeli peralatan dan cairan disinfektan untuk penyemprotan. Rencananya, kegiatan tersebut akan rutin dilakukan.

“Warga sangat bersemangat sekali. Pekan depan akan kita lanjutkan kembali penyemprotannya karena bahan-bahannya juga masih banyak,” terangnya.

Dia menuturkan, warga Gang Kitri Cimandala juga menggalakkan gerakan hidup bersih dan sehat. Dia memastikan warga setempat akan menerapkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan usaha pencegahan yang kita lakukan ini dapat mencegah menyebarnya virus Corona di lingkungan ini,” harapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para warga dan pihak aparatur Desa Cimandala yang telah memberikan support pada kegiatan ini, karena sinergi adalah sebuah keharusan dalam melakukan aksi sosial,” tegasnya.

Kepala Desa Cimandala Soediyanto beserta anggota BPD dan PKK pun turut memantau kegiatan tersebut sangat mengapresiasi inisiatif yang digagas oleh warganya. Menurutnya, ini sangat positif, apalagi kegiatan itu dilakukan secara mandiri.

“Kondisi yang kian mengkhawatirkan sudah seharusnya membuat kita bahu membahu menyelesaikan masalah ini. Sebagian besar RW dan RT di wilayah Cimandala juga sudah melakukan aksi penyemprotan disinfektan,” imbuhnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *