Harian Jabar

Tangani Corona di Bulan Ramadhan, MUI Harap untuk Kemaslahatan Bersama

Media Jawa Barat – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyatakan, ada sebuah qaidah yang sangat dikenal di kalangan ulama yaitu Tasharruful imam ala al ra iyati manutun bilmaslahah.

“Artinya kebijakan yang dibuat oleh seorang pemimpin dan atau kepala pemerintahan terhadap rakyatnya harus ditujukan dan diprientasikan bagi terciptanya kemashlahatan,” tutur Anwar kepada Media, Rabu (22/4/2020).

Oleh karena itu, menurut Anwar, sudah menjadi sikap bagi MUI untuk mendukung setiap kebijakan demi tegak dan terwujudnya prinsip dan qaidah tersebut. Terlebih, kebijakan yang dikeluarkan dalam menghadapi bulan Ramadhan di mana ‘bulan suci’ kali ini berada di tengah wabah virus Corona.

“Apalagi sekarang ini dengan adanya wabah virus Corona atau Covid-19 ini sudah banyak korban yang berjatuhan baik yang meninggal dan ataupun sedang dalam perawatan,” ucapnya.

Menurut Anwar, pemerintah sesuai dengan tugas dan fungsinya yang diamanatkan oleh konstitusi yaitu melindungi rakyat dan bangsa Indonesia, maka pemerintah harus bisa membuat kebijakan dan keputusan yang baik dan terbaik bagi rakyatnya.

“Untuk itu dalam menghadapi Covid-19 ini pemerintah harus mengusahakan dengan sekuat tenaga agar mata rantai penularan virus Corona ini bisa diputus sehingga Covid-19 cepat berlalu dari negeri ini sehingga hidup dan kehidupan rakyat bisa kembali pulih seperti semula,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *