Harian Jabar

Macam-Macam Sholat Sunnah, dari Keutamaan Hingga Tata Cara Mengerjakannya

4. Sholat Sunnah Tahajud

Selain sholat tasbih macam-macam sholat sunnah lainnya adalah Sholat tahajud yang dikerjakan pada kurun waktu setelah sholat isya dan sebelum sholat subuh. Sholat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur. Jumlah rakaat sholat tahajud adalah dua rakaat dan tidak terbatas.

Namun dalam suatu hadits dijelaskan bahwa Nabi Muhammad mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat. Waktu utama melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, yakni antara pukul 01.00 hinga memasuki waktu subuh.

Keutamaan sholat tahajud:
– Ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT
– Melepaskan ikatan dari setan
– Dikabulkannya segala doa
– Sebagai penghapus dosa-dosa yang telah lalu
– Diridai oleh Allah SWT
– Sebagai amalan yang akan menolong di akhirat kelak5 dari 10 halaman

5. Sholat Sunnah Istikharah

Sholat istikharah juga merupakan macam-macam sholat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan saat kita menemui kebimbangan menentukan pilihan. Pelaksanaan sholat istikharah sama dengan sholat sunah pada umumnya.

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Jumlah rakaat shalat istikharah adalah dua rakaat di waktu yang tidak ditentukan. Namun beberapa pendapat ulama menyatakan bahwa waktu utama melaksanakan sholat istikharah adalah pada sepertiga malam.

Keutamaan sholat istikharah:
– Mendatangkan ketenangan hati
– Mendapatkan petunjuk dari Allah SWT
– Memantapkan pilihan
– Menjauhi bisikan setan

6. Sholat Sunnah Gerhana

Sesuai dengan namanya, sholat sunah ini dikerjakan saat terjadi gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Jumlah rakaatnya adalah dua rakaat, namun ada perbedaan tata cara sholat gerhana.

Sholat gerhana dikerjakan dengan dua rakaat dengan 4 kali ruku’, yaitu pada rakaat pertama, setelah melakukan gerakan ruku dan iktidal kemudian membaca surat Al-Fatihah lagi, lalu ruku dan itidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa.

Begitu pun selanjutnya pada rakaat kedua. sholat gerhana sebaiknya dilaksanakan secara berjamaah di masjid. Tidak ada adzan atau iqamah sebelumnya, namun panggilan “Ash shalatul jami’ah”.

7. Sholat Sunnah Taubat

Sama seperti namanya, sholat taubat adalah sholat sunah yang dikerjakan sebagai bentuk penyesalan seorang muslim setelah melakukan tindakan maksiyat atau tersadar akan dosa-dosa. Shalat taubat bertujuan agar Allah SWT mengampuni segala dosa yang telah diperbuat.

Jumlah rakaatnya adalah dua rakaat dan tidak ada waktu khusus. Kapan saja muslim ingin bertaubat, maka segerakan saja mendirikan sholat. Namun sebagian ulama menyatakan bahwa waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat taubat adalah sepertiga malam, bisa dilakukan setelah sholat tahajud.

Keutamaan sholat taubat:
– Diampuni dosanya oleh Allah
– Dicintai oleh Allah
– Malaikat ikut berdoa dan memohonkan ampun

8. Sholat Sunnah Witir

Sholat witir adalah sholat yang dikerjakan malam hari sesudah sholat isya dan sebelum waktu subuh. Sholat sunah ini bertujuan untuk menutup sholat yang genap agar menjadi ganjil.

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Jumlah rakaatnya adalah 3 rakaat, namun ada juga pendapat yang memperbolehkan witir sebanyak lima atau tujuh rakaat.

Keutamaan sholat witir:
– Amalan yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah
– Mendapatkan cinta dari Allah
– Dimasukkan dalam golongan orang yang berhati-hati
– Termasuk amalan yang dikerjakan oleh ahlul Quran

9. Sholat Sunnah Hajat

Sholat hajat adalah macam-macam sholat sunnah yang dikerjakan saat seorang muslim saat hendak memohon kepada Allah untuk mewujudkan suatu hajat (keinginan). Jumlah rakaat sholat hajat adalah 2 samapai 12 rakaat dengan salam di setiap dua rakaat.

Keutamaan sholat hajat:
– Diwujudkannya keinginan atau hajat yang dimohonkan kepada Allah
– Diampuninya segala dosa
– Ditinggikan derajatnya oleh Allah

10. Sholat Sunnah Istisqa.

ilustrasi sholat dhuha

©2020 Merdeka.com

Macam-macam sholat sunnah selanjutnya ialah sholat istiqa. Sholat istisqa adalah sholat sunah yang bertujuan untuk meminta hujan. Tata cara sholat istisqa ini sama halnya dengan tata cara sholat ied, namun khatib mengganti lafadz takbir dengan memperbanyak lafadz istighfar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *