Harian Jabar

Tips Mengetahui Kosmetik Halal atau Tidak

MENJADI seorang muslim diwajibkan mengkonsumsi atau menggunakan produk halal. Tak hanya makanan maupun minuman, dalam merias diri pun harus menggunakan produk halal. Nah untuk mengetahui apakah sebuah produk kosmetik halal atu tidak membutuhkan tips khusus.

1. Pilih Kosmetik Berlabel ACF (Animal Cruelty Free)

Di dalam Islam, segala bentuk penyiksaan terhadap hewan merupakan tindakan yang diharamkan. Mengingat banyaknya bahan penyusun kosmetik yang diujicobakan terhadap hewan, membuat Anda wajib memilih kosmetik berlabel ACF atau Animal Cruelty Free.

2. Lebih Baik Ada Lambang Leaping Bunny

Leaping bunny adalah logo berbentuk kelinci berlari. Logo ini bisa Anda temukan pada produk kecantikan yang berlabel vegan. Keberadaannya pada produk kosmetik menandakan bahwa produk itu tidak diuji coba pada hewan atau mengandung bahan dengan unsur hewani.

Jenis kosmetik terlarang dan haram apabila digunakan terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Tak hanya itu saja, jika kosmetik tetap dipakai selama salat, maka bisa jadi salat yang Anda lakukan tidak sah.

3. Tidak Ada Unsur Najis dan Bahan Meragukan

Pastikan bahwa produk kosmetik yang hendak Anda beli tidak mengandung unsur najis dan bahan-bahan meragukan. Berdasarkan fatwa MUI, berhias boleh hukumnya namun harus menggunakan kosmetik yang halal. Beberapa unsur yang tak boleh terkandung dalam produk make up di antaranya adalah unsur hewan najis, seperti anjing, babi, hewan buas, bangkai, unsur tubuh manusia, darah, khamar, dan hewan halal seperti sapi yang disembelih secara tidak syar’i.

4. Tidak Mengandung Alkohol

Secara umum, bahan yang berstatus haram ketika dimakan akan haram juga bila digunakan untuk keperluan kosmetik, salah satunya adalah alkohol. Produk make up dan perawatan kulit yang mengandung alkohol akan masuk ke aliran darah, tentu saja hal ini diharamkan. Bacalah komposisi bahan yang digunakan untuk membuat suatu produk make up.

Sumber: https://bp-guide.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *