Jangan Takut Berkeringat, Karena ini Untungnya

Senin,18 Sepember 2017 WIB   /   0 Comment



Harianjabar.com- Lifestyle, Jangan Takut Berkeringat, Karena ini Untungnya Olahraga dan panas adalah penyebab keringat yang paling umum karena tugas utama keringat keluar, yakni untuk mendinginkan tubuh. Namun, badan yang berkeringat seringkali dikeluhkan karena membuat diri tak nyaman dan merusak penampilan.

Meski demikian jangan selalu kesal bila berkeringat, apalagi setelah melakukan banyak aktivitas fisik. Beberapa manfaatnya, kompas.com himpun di sini:

Melawan kuman

Sekelompok peneliti menemukan bahwa kelenjar keringat memproduksi antibiotik natural pelawan kuman bernama dermcidin. Peneliti dari University of California, Tomas Ganz mengatakan, bakteri berkembang saat kondisi panas dan lembab. Maka dari itu, dermcidin dapat membatasi perkembangan tersebut dan menguringasi risiko infeksi.

Membantu pemulihan luka

Keringat juga memiliki peran penting dalam proses penutupan luka. Itu dikatakan oleh Asisten Periset Profesor Dermatologi, Laure Rittie dari University of Michigan. Kelenjar keringat, sebut penelitian ini, terbukti memiliki kekuatan untuk menyembuhkan luka menjadi lebih cepat.

Membuat bahagia

Ketahuilah, keringat bisa meningkatkan rasa bahagia. Sayangnya, tak sembarang keringat yang keluar bisa menimbulkan rasa ini.

Keringat yang dimaksud harus berasal dari kegiatan olahraga atau aktivitas fisik di luar yang bisa meningkatkan level hormon endorfin dalam tubuh.

Membantu kinerja ginjal

Keluarnya keringat mengurangi jumlah garam dan kalsium yang ada di urin dan ginjal, sehingga menurunkan risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, banyak berkeringat juga membuat haus dan mendorong Anda lebih banyak minum, yang juga berefek sama.


Komentar