Hujan Deras Guyur Kawasan Gunung Slamet, 5 Sungai Sekitarnya Meluap

Senin,16 Oktober 2017 WIB   /   0 Comment



Harianjabar.com - Tragedi, Hujan deras mengguyur kawasan di kawasan Gunung Slamet, Kota Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Hal itu menyebabkan sungai yang ada di kaki gunung meluap dan terjadi banjir.

sungai di Kota Purwokerto yang meluap diantaranya Sungai Prukut, sungai Mangaji, Sungai Logawa, Sungai Banjaran dan Kali Pelus.
Di Sungai Banjaran sendiri, ada satu rumah di RT 6 RW 4 Kelurahan Bobosan, Kecamatan Purwokerto Utara yang sempat hanyut terbawa derasnya aliran sungai. Sungai mulai meninggi sejak pukul 17.00 WIB dan membawa bagian belakang rumah pada pukul 18.00 WIB.

Banjir pelan pelan meninggi sejak pukul 17.00 WIB. Pas habis Maghrib mulai besar. Meja, kursi, perabot rumah tangga dan sepeda hanyut terbawa air," kata pemilik rumah, Sarman Samiarjo, kepada detikcom dilokasi, 

Sarman mengatakan, selain perabot rumahnya hanyut, bagian kamar mandi rumahnya pun hilang terbawa derasnya aliran sungai Banjaran. Padahal sudah 30 tahun dirinya tinggal di tepi sungai itu dan belum pernah mengalami kejadian seperti itu meskipun saat hujan deras turun.

"Ini padahal di sini tidak hujan. Tapi air sungai deras sekali. Baru kali ini 30 tahun tinggal disini baru kali ini ada kejadian. Hujan besar seperti apapun tidak pernah kayak gini," ucapnya.

Bukan hanya sungai Banjaran meluap. Banjir juga terjadi di rumah yang terdapat di tepi kali Pelus. Terdapat 4 rumah mengalami rusak di sepanjang kali itu.
"Ada 5 Sungai yang berhulu dari kaki Gunung Slamet. Bahkan ada satu jembatan penghubung antara Grumbul Karanggondang menuju desa Sambirata, Kecamatan Cilongok tepatnya di RW 5, terputus sehingga tidak bisa dilewati masyarakat," kata Koordinator Tagana Banyumas, Ady Chandra. 




Komentar