Gagal Juara Dunia, Rossi Ungkap Penyebabnya

Kamis,2 November 2017 WIB   /   0 Comment



Harianajabar.com - otomotif,Pebalap gaek Valentino Rossi harus rela kehilangan kesempatan untuk meraih gela juara dunia MotoGP tahun ini. Sebelum pensiun, di mana saat ini usianya sudah 38 tahun, dirinya berupaya untuk menggenapi gelar juara dunianya yang ke-10.

Dari berbagai faktor negatif yang jadi penghalang Rossi untuk menjadi merebut gelar juara dunia, paling jelas adalah terkait cederanya di akhir-akhir musim. Dirinya harus absen satu seri dan performanya yang mengendur.

Meski begitu, Rossi masih bisa bertarung dengan para pebalap utama, di tengah kondisinya yang belum fit. Namun, Rossi menyebutkan kalau kegagalannya tahun ini karena akumulasi beberapa masalah, bukan hanya soal cedera yang menimpanya.

“Saya terlalu banyak kendala, tidak hanya soal cedera,” ucap Rossi ketika ditanyakan seberapa besar efek cedera terhadap hilangnya gelar juara, mengutip Motorsport.com, Rabu (1/11/217).

“Sepanjang musim ini dan seperti yang sudah pernah kami bicarakan di hadapan publik Silverstone, kalau saya memang tidak cukup kuat (performa) untuk memperjuangkan kejuaraan,” ujar pebalap Yamaha tersebut.

Rossi mencoba realistis, dan terbaca tak mau mengambing-hitamkan satu masalah saja. Bahkan dirinya menyesalkan kemampuannya yang buruk di beberapa balapan.

“Jadi berbicara secara realistis, walaupun saya tidak cedera kaki, tetap saja saya tidak bisa memperjuangkan gelar juara, karena saya tidak cukup strong lagi. Musim ini saya tidak pernah bisa menyelesaikan dua balapan dengan baik secara beruntun,” ucap Rossi.

Kemudian juga soal tunggangannya M1 model 2017, yang kerap menjadi keluhan Rossi sejak awal musim. Pebalap andalan Yamaha ini menyebut juga kalau kemampuan motornya belum tergali.

“Menurut saya potensi motornya tidak buruk, masalahnya adalah ban yang tidak bekerja maksimal. Pada awal musim motor mengalami masalah besar, kemudian sasis baru ini (spesifikasi 2018) baru ada sejak Silverstone dan kemudian saya patah kaki. Kami berada di belakang tim lain, dalam aspek-aspek tertentu,” ucap Rossi.

Komentar