Lebih dari 1 Miliar Android Pakai OS Lawas

Jumat,17 November 2017 WIB   /   0 Comment



Harianjabar.com - Tekno, Perangkat dengan OS Android lawas lebih banyak dibandingkan dengan yang memakai OS terbaru.

Sebagaimana dilansir dari Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Kamis (16/11/2017), sekitar 42 persen perangkat Android tidak pernah diperbarui sejak 2014.

Hardware Engineer Dan Luu mencatat, setidaknya 1 miliar perangkat Android tidak pernah diperbarui OS-nya selama dua tahun terakhir.

Sekadar diketahui saat ini ada delapan tipe OS Android yang digunakan dan menurut data Android Developers 2017, selama beberapa minggu, dari jumlah Android yang membuka Google Play tercatat ada 0,3 persen perangkat yang menggunakan OS Oreo. Sementara, 21 persen memakai OS Nougat dan 31 persen menjalankan OS Marshmallow.

Sisanya, 27 persen menggunakan Lollipop, 6 persen Jelly Bean, 14 persen KitKat, dan 0,5 persen memakai Ice Cream Sandwich.

Ini yang Terjadi Kalau OS Tidak Diperbarui

Tidak diperbaruinya perangkat ke OS terbaru ini menimbulkan tantangan, salah satunya lambatnya akses pengguna ke teknologi baru.

Tantangan lain adalah masalah keamanan. Bagaimanapun, banyaknya jenis OS yang beredar membuat Google kesulitan mengatasi dan memperbaiki keamanan dengan baik. Risiko buruk bisa dialami oleh pengguna seperti serangan malware dan lain-lain.


Komentar