Astronom Temukan Planet Dekat Tata Surya yang Berpotensi Dihuni

Jumat,17 November 2017 WIB   /   0 Comment



Harianjabar.com - Sains, Sejumlah astronom menemukan planet seukuran Bumi yang dekat dengan Tata Surya kita. Planet bernama Ross 128 b itu, menjadi target utama para ilmuwan dalam pencarian kehidupan di angkasa luar. Dilansir dari liputan6.com

Proxima b yang ditemukan pada 2016, mengorbit bintang Proxima Centauri atau dikenal sebagai bintang 'kerdil merah' yang aktif. Bintang tersebut secara berkala mengirimkan letusan dahsyat yang membakar Proxima b dengan radiasi berbahaya.

Ross 128 b juga mengorbit bintang yang tidak jauh berbeda dengan Proxima Centauri, yang juga merupakan bintang kerdil merah. Namun, bintang tersebut secara signifikan tak seaktif Proxima Centauri.

"Karena Proxima Centauri membakar planet mereka dengan suar kuat dan radiasi berenergi tinggi, ya, saya pikir Ross 128 lebih cocok untuk menunjang adanya kehidupan," ujar rekan penemua dari Geneva Observatory, Nicola Astudillo-Defru, seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/11/2017).

Para astronom kerap menyebut soal habitable zone atau zona layak huni di sekitar bintang -- rentang jarak di mana suhu memungkinan air (salah satu hal terpenting untuk menopang kehidupan) agar tetap berbentuk cair di permukaan planet.

Bintang kerdil merah sendiri lebih redup dan dingin dibanding Matahari. Oleh karena itu, zona layak huninya bergeser lebih dekat dibanding di Tata Surya kita.

Meski demkian, masih belum ada kepastian apakah Ross 128 b berada dalam zona layak huni dari bintangnya. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa dengan suhu antara -60 derajat hingga 20 derajat Celcius, planet itu dapat dianggap beriklim sedang.

Komentar