XL Axiata Sediakan Akses Alternatif Internet Global Untuk Dukung SKKL

Senin,11 Desember 2017 WIB   /   1 Comment



Harianjabar.com - Tekno, PT XL Axiata Tbk (XL) turut mendukung pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyek ini sekaligus membantu XL mengurangi ketergantungannya pada Singapura, yang selama ini merupakan jalur utama untuk menyalurkan trafik internet dari Indonesia ke jaringan global dan rawan gempa bumi.

Apabila jaringan internet yang melalui Singapura terganggu, maka akses internet dari Indonesia menuju jaringan global tidak akan ikut terganggu karena tersedia pilihan untuk bisa dialihkan melalui jalur alternatif tersebut.

Dilansir dari Liputan6.com Pembangunan jaringan sepanjang 4.600 Km ini ditargetkan rampung pada kuartal III 2018 dengan kapasitas mencapai 30Tb untuk jalur Jakarta dan Singapura, serta 20Tb antara Jakarta-Perth.

SKKL ini mampu menyediakan kapasitas hingga enam kali lipat dari total kapasitas jaringan internasional dari Indonesia yang ada saat ini. Anyer, Banten, merupakan titik pendaratan (landing point) dari pembangunan jaringan ini.

Komentar




ZAP Selasa,26 Desember 2017 WIB