Kenali Tanda Diet yang Kamu Lakukan Merusak Kesehatan

Jumat,12 Januari 2018 WIB   /   0 Comment



Harianjabar.com - Lifestyle, Ada satu indikator yang jelas bahwa diet yang kamu jalankan belum sukses, yaitu berat badan yang tidak berubah. Tapi, ternyata ada hal lain yang menandakan kamu harus mengganti jenis diet.

Tanda itu bukan sekadar muat-tidak muatnya pakaian kita, namun juga dampak kepada kesehatan. Dr Petra Simic dari Bupa Health Clinics menjabarkan beberapa tanda dari tubuh yang menunjukkan bahwa diet kita salah:

1. Bau mulut

Bau mulut bisa terjadi sebagai hasil dari proses metabolisme yang disebut Ketosis. Dr Simic menjelaskan, saat tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk mengolahnya jadi energi, maka tubuh alan membakar cadangan lemak. Ini menghasilkan asam yang disebut keton.

2. Rambut menipis

Rambut yang menipis adalah indikasi dari kurangnya zat besi. Dr Simic menjelaskan, zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah, yang membantu penyimpanan oksigen dan membawa oksigen di darah.

"Kalau kamu kekurangan zat besi, maka rambut akan menipis dan mungkin akan merasa lesu," katanya.

3. Diare berkepanjangan

Penyakit Celiac adalah reaksi imun dari tubuh karena memakan gluten pada gandum, barley dan rye. Salah satu tandanya adalah diare berkepanjangan.

Untuk penderita penyakit Celiac, memakan gluten memicu respon dari usus kecil yang bisa menimbulkan diare, kembung, turun berat badan, masalah pencernaan, dan sakit di bagian perut. Dilansir dari Kompas.com

Komentar