Pemerintah

Kemensos Rekrut Tagana dan Bentuk KSB di Asmat

harianjabar.com Kementerian Sosial bergerak cepat merealisasikan perekrutan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Asmat. “Hal ini sejalan dengan rencana tindak lanjut dan kebijakan Menteri Sosial terkait penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang terjadi di Asmat,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Margowiyono di Jakarta, hari ini.

Perekrutan Tagana merupakan upaya peningkatan kapasitas dalam kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana. “Dengan adanya tenaga terlatih dari unsur masyarakat diharapkan dapat mempercepat mobilisasi bantuan sosial secara efektif,” lanjutnya.

Sebanyak 30 orang pemuda dari Distrik Agats direkrut menjadi anggota Tagana, selama tiga hari mereka dilatih dasar-dasar penanggulangan bencana. Materi yang akan disampaikan adalah tentang keahlian penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial seperti manajemen pengungsi, logistik dan dukungan psikososial.

Sementara itu, Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana, Tetrie Darwis yang berada di Kabupaten Asmat memyampaikan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk pengembangan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kabupaten Asmat merupakan daerah rawan bencana, seperti kita ketahui saat ini sedang dilanda KLB campak dan gizi buruk. “Dengan hadirnya Tagana disini, diharapkan bisa membantu persoalan yang dihadapi dengan cara berjejaring dengan penggiat kemanusiaan lainnya. Dengan harapan dapat memberikan respon cepat jika terjadi bencana,” ujar Tetrie ketika memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan Tagana di Aula BKD Kabupaten Asmat (7/2).

Selain merekrut Tagana, Kementerian Sosial juga akan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Enam kampung yang ada di Distrik Agat.

Pemerintah Daerah menyambut baik dan memberikan dukungan program-program Pemerintah Pusat yang diluncurkan di Kabupaten Asmat. “Saya bersyukur Tim Kemensos RI telah hadir disini untuk melakukan kegiatan – kegiatan positif untuk Kabupaten Asmat.” ucap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asmat Amir Mahmud.

Salah seorang calon Tagana Muda, Emilius Ndewdew mengatakan siap menjadi Anggota Tagana, secara sepontan emilius mengatakan bahwa Asmat itu merupakan singkatan dari Aku Siap Menjadi Anggota Tagana.

Rencananya, Wakil Bupati Asmat akan mengukuhkan Tagana Muda pada hari Jumat, (9/2) sekaligus menutup acara pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *