Lifestyle

Bakar Lemak dengan Mandi Air Dingin

harianjabar.com– mandi air dingin kabarnya bisa meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Ternyata ada landasan ilmiah untuk pernyataan ini.

Suhu dingin memang sudah terbukti bisa meningkatkan aktivitas pembakaran lemak cokelat untuk menghasilkan energi. Dalam satu studi dari Harvard, orang-orang yang selama 10 hari berada dalam ruangan dengan suhu 16 derajat Celcius, level aktivitas lemak cokelatnya meningkat drastis.

Orang dengan jumlah lemak cokelat yang lebih rendah juga memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil, menurut studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Dalam satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Investigation, mereka yang menghabiskan waktu selama dua jam di tempat dengan suhu di bawah 18 derajat Celcius setiap hari bisa menurunkan berat badan sebanyak 1 -2 kg dalam waktu enam minggu.

“Aku belum pernah ada studi yang menunjukkan kesuksesan menurunkan berat badan dengan cara menambahkan mandi air dingin,” ujar Spencer Nadolsky, M.D., dokter keluarga dan anggota dari American Board and Obesity Medicine, sekaligus penulis The Fat Loss Prescription.

“Banyak orang mengatakan cara ini revolusioner, tapi sebenarnya tidak. Metode ini tidak akan membuat keajaiban untuk Anda,” lanjutnya.

Dilansir dari liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *