Kuliner

Es Krim Gulung?

harianjabar.com-Satu lagi jajanan kuliner yang unik, baik rasa, cara penyajian maupun namanya yang unik yaitu Es Krim Gulung (ice cream roll). Kalau Indonesia punya es krim tradisional seperti Es Goyang atau Es Potong, maka es krim gulung ini berasal dari negara Thailand.

Dinamakan Es Krim Gulung (ice cream roll) karena sudah pasti bentuknya berupa gulungan dan cara pembuatannya juga unik. Dalam proses pembuatannya bahan es krim dicampur dan diolah diatas semacam wadah lempengan besar yang datar menyerupai teppanyaki, seolah-olah es krim terlihat digoreng, tidak heran jika ada yang menyebut es krim tersebut adalah es krim goreng. Akan tetapi dibagian bawahnya terdapat freezer, sehingga adonannya bisa langsung membeku. Di negara asalnya es krim gulung ataupun es krim goreng memang salah satu jajanan yang banyak diminati, sangat disukai oleh orang dewasa, orang tua, remaja apalagi anak anak baik laki-laki maupun perempuan.

Es krim gulung sangat populer di negara Thailand, karena es tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dengan es krim lainnya, disamping itu yang lebih menarik adalah pembeli es krim gulung dapat melihat langsung proses pembuatan hingga siap saji untuk disantap para pembeli, dan ini yang menjadi daya tarik utama soal es krim gulung ini.

Saat ada pembeli yang memesan barulah penjual akan membuat es krim gulung ini sesuai pesanan. Jadi es krim gulung ini memang selalu tersaji segar karena tidak bisa disimpan untuk stok.

Seorang penjual di Thailand unjuk kebolehan membuat es krim gulung. Dalam tayangan yang diunggah ke website Youtube, jika ingin menontonnya klik disini. Di video ini terlihat bagaimana penjaja kudapan dingin di Phi Phi Island di Krabi, Thailand ini meraciknya.

Phi Phi Island merupakan suatu pulau terkenal di Thailand, sering menjadi tempat pembuatan film. Bagi sejumlah orang, wilayah itu adalah alasan utama kenapa mereka berkunjung ke Phuket. Dan cuaca panas pantai sangat pas untuk jajanan es krim gulung ini.

Pembuatan es krim gulung dimulai dengan menuangkan krim susu kental, lalu diaduk di atas wadah datar bersuhu sangat dingin hingga adonan bisa digulung kecil es krim yang nikmat. Selain susu, ada juga campuran isian lain yang digunakan seperti cookies, brownies, vanilla dan saus coklat.

Dilansir dari perutgendut.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *