Berita HOT

makan wajib saat imlek

harianjabar.com-Bulan depan, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru China atau Imlek. Tepatnya pada 16 Februari 2018. Perayaan ini selalu identik dengan warna merah yang diiringi ucapan Gong Xi Fa Cai atau angpao.

Imlek selaly identik dengan suasana ramai dan hangat. Sebab, mereka akan berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakannya. Tak hanya itu, akan ada banyak makanan yang terlihat lezat tapi kaya makna bagi masyarakat Tionghoa.

Nah, apakah kamu sudah bisa menerka makanan-makanan tersebut?

1. Jeruk Mandarin

Sama halnya dengan merah, warna oranye juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Jeruk Mandarin dianggap sebagai perlambangan emas.

Biasanya orang Tionghoa akan menyiapkan jeruk Mandarin yang masih ada tangkainya. Jika tidak ada jeruk, terkadang mereka menggantinya dengan pisang raja.

2. Siu mie

Sudah Tahu 10 Makanan Wajib yang Selalu Ada saat Imlek Ini?

Mie khas Imlek ini melambangkan panjang umur, kebahagiaan, dan rezeki yang melimpah. Siu mie mempunyai tekstur yang kenyal dengan rasa yang gurih.

Sebagai tambahan, siu mie juga disajikan dengan beragam lauk seperti ayam, cumi, udang, bakso, dan semacamnya. Seperti filosofinya, siu mie harus dimakan tanpa putus atau sampai ujung mie tersebut.

3. Yu sheng

Sebelum menyantap makanan yang ada, biasanya yu sheng hadir sebagai menu pembuka. Makanan berupa salad berwarna-warni ini merupakan perpaduan sayuran dan ikan segar.

Yu sheng dipercaya sebagai makna peruntungan. Maka dari itu, kamu  harus mengangkat tinggi terlebih dulu sebelum memakannya. Kebiasaan tersebut disebut dengan ” lo hei” yang disambut dengan ucapan selamat tahun baru Imlek.

4. Ayam, ikan, dan babi

Sudah Tahu 10 Makanan Wajib yang Selalu Ada saat Imlek Ini?rockingmama.id

Ketiga daging tersebut merupakan lambang peruntungan dan kebahagiaan. Dengan memakannya, mereka percaya tidak akan mempunyai sifat buruk dari ketiga hewan tersebut.

Dalam perayaan Imlek, biasanya olahan ayam yang disajikan berupa ayam kodok. Ayam kodok diolah dengan cara mengambil daging serta tulang ayam, tanpa merobek kulitnya.

Untuk ikan, biasanya mereka memilih bandeng yang diolah secara utuh dari ekor hingga kepalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *