Kesehatan

Sakitnya gigi yang terpendam, bagaimana mengatasinya?

harianjabar.com-Gigi geraham ketiga alias gigi bungsu seringkali membuat masalah dengan posisinya yang ‘tertidur’ dan mendorong gigi-gigi didepannya sehingga menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Fenomena ini sering disebut impaksi gigi. Apa sih impaksi gigi itu? Gejalanya apa aja? dan bagaimana mengatasinya?

Impaksi gigi itu apa?

Impaksi gigi merupakan keadaan dimana gigi tidak berhasil tumbuh dengan sempurna ke rongga mulut. Gigi yang sering impaksi adalah gigi geraham terakhir atau gigi bungsu.

Nah, gigi bungsu ini biasanya tumbuh disekitaran usia 17-21 tahun, namun ada juga yang tidak punya gigi ini. Gigi bungsu seringkali impaksi karena tidak cukupnya ruang dalam rongga mulut sehingga si gigi bungsu tidak kebagian tempat dan terpendam didalam rahang. tumbuhnya gigi bungsu ini kadang seperti orang sedang tidur, dia mengarah kesamping dan mendorong gigi geraham kedua sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat dan kadang juga disertai pembengkakan gusi loh.

Gigi impaksi ini bisa menyebabkan dampak infeksi yang disebut perikoronitis, yang apabila tidak segera diobati, infeksi bisa menjalar ke tenggorokan dan atau leher. Apabila infeksi sudah parah bisa indikasi untuk rawat inap di Rumah Sakit loh.

Gejala impaksi itu apa aja?

Gejala yang ditimbulkan dari Impaksi Gigi ini antara lain :

Pembengkakan gusi di bagian belakang mulut
Kesulitan membuka rahang Anda
Bau mulut
Rasa tidak nyaman di mulut
Sakit saat Anda membuka mulut
Sakit saat mengunyah atau menggigit makanan
Rasa sakit bisa terjadi selama beberapa hari dan kemudian hilang. Bisa kembali berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian.

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit karena Impaksi?

Apabila anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, maka tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter gigi umum ataupun spesialis Bedah Mulut (drg. Sp.BM)

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan pada daerah yang sakit dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan radiografi atau sinar-X untuk mengetahui keberadaan gigi bungsu anda.

Dari hasil pemeriksaan dokter akan mengetahui apakah gigi anda sebaiknya dicabut atau tidak. Biasanya, jalan keluar terbaik adalah dengan pengambilan gigi, untuk menghindari masalah di masa depan nantinya. Nah, pencabutan gigi impaksi ini disebut juga odontektomi, operasi kecil untuk mengambil gigi yang terpendam tersebut. Pada saat operasi nantinya kamu akan dianestesi alias dibius secara lokal saja dan setelah operasi mungkin akan terasa pembengkakan sementara proses penyembuhan. Kabar baiknya, anda tidak akan merasa sakit lagi akibat gigi impaksi!

Dilansir dari brilio.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *