Tekno

6 Cara Supaya Bisa Taklukkan Google Search Layaknya Profesional

harianjabar.com-Luasnya hasil pencarian di Google kadang membuat salah fokus dari hal-hal yang ingin sebenarnya kamu cari. Bahkan gak jarang, kamu sampai perlu membuka web-nya satu demi satu untuk mendapatkan topik yang sebenarnya kamu inginkan.

Nah untuk meminimalisir hal tersebut, ini 6 cara membuat hasil pencarian Google lebih akurat. Yuk segera dipraktikkan!

1. Untuk membuat hasil pencarian lebih akurat

Gunakan tanda petik di awal dan akhir kalimat yang ingin kamu cari untuk mengeliminasi semua website yang tidak mengandung kalimat pilihanmu. Hasil pencarian yang keluar akan lebih akurat dibandingkan kamu harus membuka web-nya satu demi satu.

Misal kamu ingin mencari “prediksi cuaca Surabaya”, maka website yang keluar pasti mengandung kalimat tersebut.

2. Untuk mengeliminasi hasil pencarian kata

Berbeda dengan poin 1, fungsi ini lebih dikhususkan ketika kamu ingin mencari kata. Misal, kamu ingin mencari gambar hewan, tapi bukan hewan sirkus.

Cukup ketik saja hewan -sirkus, langsung dah Google tak akan memunculkan gambar ber-keyword sirkus untukmu.

3. Untuk memunculkan sinonim dari kata yang ingin kamu cari

Menggunakan tanda ~ sebelum kata yang ingin kamu cari akan membuat hasil pencarian lebih beragam, namun masih dalam topik yang sama. Misal, kamu ingin mencari pelajaran musik. Ketik ~kelas musik, akan membuat Google hanya memunculkan topik-topik seperti kelas musik, pelajaran musik, les musik, dan hal lainnya yang berhubungan dengan musik.

4. Untuk memunculkan topik dari spesifik website yang kamu tuju

Menggunakan site: akan membuat Google hanya memunculkan hal-hal dari website tersebut. Misal kamu mencari games site:idntimes.com, maka halaman pertama Google akan penuh dengan topik-topik games yang pernah ada di idntimes.com.

5. Untuk memunculkan hasil pencarian dari dua – tiga kata yang kamu mau

Vertical bar akan membuat hasil pencarian lebih akurat dengan menyeleksi dari kata pilihanmu. Fungsi ini akan sangat membantu sekali untuk mencari gambar. Misal kamu ingin mencari hair | long | brown, maka gambar yang keluar akan rambut panjang berwarna cokelat semua, tidak ada yang rambut pendek atau warna putih.

6. Untuk membuat Google mengeluarkan hasil pencarian dari waktu yang kamu mau

Fungsi ini berguna sekali jika kamu ingin mencari hal yang punya spesifik tahun. Misal kamu mencari love songs 1950..1960, maka Google akan mengeluarkan pilihan lagu-lagu yang waktu terbitnya di tahun itu. Atau mungkin mencari korean drama 2001..2005, maka drama korea yang keluar juga berkisar di tahun 2001-2005 saja.

Itu dia cara membuat hasil pencarian Google lebih spesifik, sehingga memudahkan kerja. Mana nih yang paling berguna untuk dipraktikkan?

Dilansir dari today.line.me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *