Lifestyle

Begini Penjelasan Soal Perbedaan Warna Telur

Harianjabar.com – Lifestyle, Putih, cokelat, kuning? Atau hijau kebiruan atau seperti alpukat? Kualitas dan rasa telur ayam bisa berubah tergantung dari apa yang dimakan ayam dan bagaimana kondisi kehidupannya. Sementara, warna cangkang telurnya ditentukan oleh genetik ayam betina.

Nathan Kilah, seorang dosen senior di bidang kimia dari University of Tasmania tertarik dengan kandungan kimia yang membuat warna cangkang telur. ” Warna telur secara langsung berhubungan dengan jenis ayam dan senyawa kimia yang dikeluarkan ayam saat mengeraminya,” ujar Kilah. Semua cangkang telur terbuat dari bahan yang sama, untuk warnanya ditambahkan dari senyawa kimia yang melapisi cangkang, atau yang meresap ke dalamnya.

“Warna cokelat pada telur berasal dari pigmen, yang namanya adalah protoporphyrin IX, yang sama seperti grup haem pada hemoglobin dalam darah kita.” “Tapi pada hemoglobin dalam darah ada zat besi sehingga warnanya merah, pada cangkang telur tidak ada besi karenanya warnanya kecokelatan.”

Protoporfirin terendap pada lapisan di atas kalsium karbonat, sehingga cangkang telur berwarna coklat dan berwarna putih di bagian dalam. Telur warna cokelat dihasilkan dari jenis kebanyakan ayam, seperti Barnavelders dan Rhode Island yang berwarna merah, sementara telur berwarna putih berasal dari jenis seperti silky dan leghorn.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penjelasan Soal Perbedaan Warna Telur…”, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/01/220000220/penjelasan-soal-perbedaan-warna-telur-.

Editor : Glori K. Wadrianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *