Tekno

Kamu pernah merasakan sinyal di smartphonemu berubah drastis jadi super jelek saat sedang nonton konser,kenapa itu bisa terjadi?

harianjabar.com-Kamu pernah merasakan sinyal di smartphonemu berubah drastis jadi super jelek saat sedang nonton konser atau berada di tempat ramai lainnya? Penasaran kenapa itu bisa terjadi?

Mungkin sebagian dari kamu berpikir jawaban sederhana dari kasus ini adalah jaringan yang penuh lantaran banyaknya ponsel yang ada di tempat tersebut. Gak salah memang, tapi kamu perlu tahu kalau hal itu bukanlah satu-satunya penyebab sinyal jelek.

Banyak faktor lain yang juga jadi pemicu penurunan kualitas atau bahkan menghilangnya sinyal di perangkat smartphone atau gadget kamu. Salah satunya adalah seputar Base Transceiver Station (BTS).
.
Buat kamu yang menyaksikan konser di dalam ruangan, nyaris bisa dipastikan sinyal kamu akan otomatis jadi lemah jika tempat berlangsungnya konsergak memiliki BTS indoor. Fungsi dari BTS sendiri adalah untuk mengantarkan sinyal menuju transmisi. Venue konser dalam ruangan yang punya BTS indoor akan mengantarkan sinyal ke BTS outdoor dan diteruskan ke Base Station Controller (BSC) hingga ke pusat pengolahan data.

Gedung atau tempat konser yang belum mengintegrasikan BTS indoor di dalamnya akan menyebabkan orang-orang di dalamnya kesulitan mendapat sinyal, jikapun dapat akan sangat kecil. Lalu bagaimana jika kita menghadiri sebuah konser yang berada di luar ruangan, namun tetap mengalami sinyal jelek?

Spektrum yang tersedia untuk penggunaan telepon seluler sebenarnya terbilang sedikit yaitu hanya beberapa ratus MHz di salah satu bagian dunia. DItambah lagi, spektrum tersebut dibagi di antara beberapa operator. Sederhananya jika kamu berada di tempat ramai semisal konser (meski di luar ruangan), tingginya frekuensi pengguna ponsel otomatis memenuhi kapasitas persinyalan di wilayah itu.

Salah satu cara menanggulanginya adalah berpindah ke tempat yang lebih sepi alias keluar dari kerumunan atau keramaian. Dengan begitu, perangkat kamu akan lebih optimal mendeteksi sinyal dari BTS outdoor yang ada di sekitar lokasi. Meski hal itu gak menjamin kestabilan sinyal karena kamu masih tergolong berada dekat dengan lokasi keramaian.

Dilansir dari jalantikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *