Berita HOT

mulai sekarang polisi akan mengenakan denda untuk pengendara yang menggunakan handphone saat sedang berkendara

harianjabar.com-Mulai sekarang, polisi akan menindak tegas pengendara yang menggunakan ponsel genggam saat berkendara. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra. Dirinya mengatakan bahwa memainkan ponsel saat berkendara sudah melanggar aturan.

Selain itu, penggunaan ponsel saat berkendara bisa berpotensi mengganggu konsentrasi. Hal itu juga bisa berbahaya bagi si pengendara ataupun pengguna jalan yang lain. “Bisa terjadi kecelakaan, kalau pegang HP terus malah melanggar rambu, jadi bisa saja (ditilang),” kata Halim.

Halim menegaskan akan memberi sanksi tilang jika polisi menemukan ada pengendara yang ketahuan memainkan ponselnya saat berkendara. Lebih lanjut Halim menjelaskan, hal itu sudah tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 209 Pasal 106 Ayat 1 Junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Nah, seperti ini bunyi pasal 106 ayat 1 yang dimaksud Halim. “Yang dimaksud dengan “penuh konsentrasi” adalah setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di Kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan Kendaraan.” Sementara itu, dalam Pasal 283 disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

Setelah itu, Halim menerangkan bahwa tindakan tilang ini juga berlaku bagi pengendara yang melihat GPS di ponsel saat menjalankan kendaraannya. Tak terkecuali driver ojek online alias ojol.

Dilansir dari tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *