Kesehatan

5 Cara Alami Atasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat saat flu membuat tak nyaman. Seringkali, kondisi ini membuat kesal yang kerap berujung marah-marah.

Daripada kesal, lebih baik Anda melakukan beberapa hal sederhana saat hidung tersumbat. Melansir laman boldsky.com, ada beberapa cara alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan atau mengatasinya.

Mandi air hangat

Cara pertama adalah mandi air hangat. Uap air dari air hangat bisa melegakan tenggorokan dan perlahan mengatasi masalah hidung tersumbat. Kalau tidak ingin mandi air hangat, menundukkan kepala di atas uap air panas bisa mengatasi masalah hidung tersumbat.

Minum air putih hangat

Perbanyak minum air putih hangat ketika hidung tersumbat. Pastikan untuk menghidrasi tubuh dengan baik agar penyebab flu bisa segera diatasi dengan baik. Minum air hangat juga memungkinkan sistem kekebalan dalam tubuh semakin maksimal. Jika tidak suka, bisa juga mengonsumsi teh hangat.

Konsumsi makanan pedas

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah hidung tersumbat adalah mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas bisa melegakan hidung dan membuat lendir di dalamnya keluar secara perlahan dengan tekstur yang lebih cair. Makanan pedas yang panas bahkan dipercaya bisa mengatasi masalah hidung tersumbat ini dengan lebih baik dan cepat.

Makan sup ayam

Sejak zaman dulu, sup ayam adalah makanan yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi masalah hidung tersumbat maupun mengobati flu. Nutrisi yang terkandung di dalam sup ayam bermanfaat meredakan sumbatan di hidung hingga membuat kondisi tubuh semakin fit serta terasa lebih enteng. Sup ayam yang dimasak bersama sayuran seperti wortel, daun bawang, daun seledri dan kubis akan memiliki manfaat yang lebih baik lagi.

Berkumur dengan air garam

Cara kelima yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah berkumur dengan air garam. Larutkan satu sendok garam ke dalam 1 gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur. Cara ini tak hanya mengatasi masalah hidung tersumbat saja tetapi juga membunuh bakteri serta virus yang ada di mulut maupun gusi.

op

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *