Otomotif

Toyota dan Suzuki Saling Tukar Produk di India

Toyota dan Suzuki Saling Tukar Produk di IndiaToyota dan Suzuki secara resmi membuat kesepakatan baru di pasar India. Selain kerjasama dalam hal kendaraan ramah lingkungan, keduanya diketahui bakal saling memasok kendaraan.

“Suzuki akan memasok Toyota dengan dua mobil yaitu Baleno dan Vitara Brezza. Sementara Toyota akan memasok sedan Corolla untuk Suzuki,” demikian tertulis dalam laman resmi Toyota, Kamis (29/3).

Nantinya, kendaraan tersebut akan dijual oleh masing-masing anak perusahaan baik Toyota juga Suzuki di India melalui jaringan penjualan masing-masing. Corolla sendiri akan dijual Suzuki lewat unit penjualan lokal mereka, Maruti Suzuki, seperti dikutip India Times.

Dengan kerjasama ini, diharapkan kedua perusahaan bisa meraup segmen tertentu yang belum memberi kontribusi signifikan.

“Kerjasama ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen India, dengan harapan bisa dijual dengan harga yang lebih murah dan pemanfaatan kapasitas (pabrik) yang lebih baik,” terang Shekar Vishwanathan, Vice Chairman Toyota Kirloskar Motor, seperti dikutip Indian Times.

Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan bisa meningkatkan tingkat penggunaan pabrik mereka di India. Produksi bersama ini juga diharapkan bisa mengurangi biaya pembuatan mobil. kerjasama ini juga dapat diperluas ke kerjasama produksi kendaraan hibrida.

Kendati demikian, belum ada rincian yang disebutkan dalam kerjasama itu. Rincian seperti jadwal awal pasokan, jumlah unit yang dipasok, spesifikasi kendaraan dan harganya disebutkan akan dipertimbangkan pada tahap berikutnya.

Sebelumnya, pada November 2017, Toyota dan Suzuki bersepakat untuk memperkenalkan kendaraan listrik dan baterai di pasar India. Buah kerjasama direncanakan mulai diperkenalkan di negara itu sekitar 2020.

Sedangkan pengumuman bertukar produk kali ini merupakan hasil lain dari kerjasama yang bertujuan meningkatkan line up kedua perusahaan dan mendorong persaingan untuk pasar otomotif India.

Untuk hal tersebut juga kedua produsen bakal bekerjasama membuat produksi menggunakan komponen lokal, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

op

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *