Kesehatan

Cuci Tangan yang Benar Sambil Nyanyi Lagu Selamat Ulang Tahun

Kita selalu dianjurkan cuci tangan usai menyentuh apa pun. Sehabis menyentuh gagang pintu, memegang daging yang akan dimasak, atau bahkan setelah memegang buku menu jika sedang berada di restoran. Tindakan ini guna mencegah kuman masuk ke dalam tubuh kita.

Tangan merupakan “pintu masuk” bagi kuman ke dalam tubuh kita. Beberapa benda atau lokasi tertentu disinyalir mengandung kuman 100 kali lebih banyak dari tempat duduk toilet. Karena itu, biasakan cuci tangan dulu sebelum menyentuh organ-organ yang menempel di badan kita.

Tidak boleh sembarangan saat cuci tangan. Menggunakan air dan sabun saja tidak cukup jika durasi mencuci tangan terlalu sebentar. Seperti dikutip dari situs Boldsky pada Senin, 9 April 2018, inilah lamanya waktu cuci tangan yang dianjurkan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kita harus menggosok tangan dengan sabun selama 20 detik agar efektif menghilangkan semua mikroba patogen. Jika Anda tidak yakin sudah cuci tangan selama 20 detik, cobalah sambil mendendangkan lagu “Happy Birthday to You”. Bila dilantunkan tidak terburu-buru, durasinya sama seperti anjuran waktu cuci tangan itu.

Lamanya Waktu Cuci Tangan

Kemudian, 20 detik akan sangat terasa lama jika kita sekadar menggosokkan tangan ke depan dan belakang. Perhatikan juga metode berikut ini.

1. Gosok maju mundur

Mulailah dengan menggosok telapa tangan maju mundur satu sama lain, lalu gosok bagian belakang kedua tangan. Lakukan selama lima detik.

2. Masukkan jari

Lakukan gerakan jari saling mengikat agar sabun meresap ke sela-sela jari. Lakukan selama lima detik juga

3. Gosok kuku

Sarang kuman pada tangan terdapat di kukus. Jadi, gosok kuku di telapak tangan selama 2,5 detik untuk menyingkirkan kuman ini. Total waktu adalah lima detik.

4. Cuci jempol

Saat cuci tangan, jempol merupakan bagian yang paling sering diabaikan dari tangan. Maka itu lilitkan telapak tangan yang berlawanan di sekitar ibu jari, dan gosok sebelum berpindah tangan.

Lantas, menggunakan air atau hand sanitizer untuk cuci tangan? Disebutkan, yang paling baik adalah sabun dan air. Akan tetapi saat bepergian dan tak menemukan air, sebaiknya pilih pembersih tangan yang memiliki kandungan 60 persen.

op

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *