Kesehatan Lifestyle

Kenali Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Sudah bolak-balik menggunakan obat jerawat, tetapi tak kunjung sembuh? Coba cek dahulu, apakah obat yang digunakan sudah sesuai dengan masalah jerawat yang kamu alami? Agar dapat ditangani dengan baik, kamu sebaiknya cari tahu dulu jenis jerawat pada wajah kamu. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengobati jerawat sesuai jenisnya.

Comedonal

Comedonal/copyright sociolla.com/spesial

Comedonal acne adalah jenis jerawat yang terletak dibawah permukaan kulit. Jenis jerawat ini umumnya disebabkan oleh pori-pori atau folikel rambut yang tersumbat oleh kotoran, bakteri, sel kulit mati, atau rambut.

Inflammatory

Inflammatory/copyright sociolla.com/spesial

Peradangan pada tubuh memang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari masalah lambung, hingga masalah jerawat. Ada 2 jenis jerawat yang tergolong dalam inflammatory acne, yaitu papules dan pustules. Keduanya sama-sama memiliki ciri yang kemerahan meradang yang sakit saat ditekan. Namun, papules hanya berwarna kemerahan, sedangkan pustules berwarna kemerahan dan berisi nanah.

Nodulocystic

Nodulocystic/copyright pexels.com/spesial

Berbeda dengan comedonal dan inflammatory acne yang tergolong dalam jerawat sedang, nodulocysticmerupakan jerawat yang tergolong parah. Jenis jerawat ini terbentuk akibat produksi sebum berlebih tidak bisa keluar dan terjebak dalam pori-pori. Selain menimbulkan rasa sakit, nodulocystic acne juga meninggalkan bekas jerawat yang cukup dalam. Sumber dari Vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *