Pemerintah Politik

Bupati Tetap PNS Haram Ikut Kampanye

Harianjabar.com – Politik, Bupati Bogor Nurhayanti melarang keras para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti kampanye atau kegiatan lain yang berkaitan dengan mendukung calon dalam Pilkada Serentak 2018.

Netralitas sebagai ASN terus diingatkan Yanti setiap ada kesempatan berpidato. Dia tidak peduli meski Badan Pengawa Pemilu (Bawaslu) menyatakan ASN/PNS diperkenankan datang ke acara kampanye.

“Tapi, tetap saja kan Bawaslu mengedepankan netralitas PNS sebagai harga mati karena sudah diatur undang-undang dan edaran Menpan RB,” ujarnya, (18/5)

Dia mengingatkan, netralitas dalam Pilkada akan membuat PNS itu tanpa beban saat dipimpin oleh siapa pun. “Jangan netralitas lewat sikap, ucapan, perbuatan maupun tindakan yang mengarah pada salah satu calon,” tegasnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bogor Ridwan Arifin mengatakan, ASN harus mencopot segala atribut kedinasan jika ikut dalam kampanye. Meski begitu, aturan baru Bawaslu ini akan dikaji ulang.

“Harus dikaji lagi. Kalau ikut kampanye harus di luar jam kerja, tidak berseragam dan atribut dinas lainnya. Memang boleh tapi mau dikaji lagi,” kata Ridwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *