Tekno

Apakah Kita Perlu Mematikan Smartphone Setiap Hari?

Harianjabar.com – Tekno, Banyak pakar komputer menganjurkan pengguna PC untuk mematikan perangkatnya setiap hari, terutama di malam hari. Nah, apakah hal ini juga berlaku pada perangkat yang lebih kecil seperti smartphone?

Menurut pendiri iFixit, perusahaan penyedia layanan servis smartphone terkemuka bernama Kyle Weins, mematikan smartphone setiap hari, terutama di malam hari tidak perlu dilakukan.

Hasil penelitian Lawrence Barkeley National Laboratory pada 2012 lalu  mengungkap bila charger yang tengah tersambung pada smartphone rata-rata menghabiskan 3,68 watt.

Nilai itu akan turun menjadi 2,24 watt bila baterai smartphone penuh. Kecil sekali bukan? Oleh karena itu kamu tidak usah khawatir tunggakan listrik bisa melonjak.

Baterai lithium-ion adalah jenis baterai yang paling banyak dipakai oleh smartphone dan perangkat mobile lainnya. Semakin banyak diisi ulang dayanya (charge), baterai jenis ini akan semakin boros. Misalnya, sekitar satu perlima kapasitas baterai lithium-ion akan hilang setelah 500 kali charge.

Jadi, meskipun kamu tidak mematikan smartphone tetapi menjaga baterai tidak benar-benar habis atau terisi penuh 100 persen, baterai itu akan tetap awet.

Sumber dari Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *