Berita jawa barat – Keterlibatan kepala daerah dalam uji klinis calon vaksin Covid-19 Sinovac dari Tiongkok dinilai menambah harapan masyarakat. Salah seorang yang sudah resmi terdaftar adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Direktur Indonesia Political Research & Consulting (IPRC), Iman Soleh, mengatakan, keterlibatan kepala daerah itu bisa menambah harapan rakyat, bahwa jalan keluar dari pandemi ini akan ditemukan dalam waktu dekat.

“Ini hal yang positif menurut saya, keterlibatan kepala daerah bisa menjadi motivasi bagi rakyat, bahwa obat atau vaksin dari Covid-19 akan segera ditemukan. Ini merupakan hal yang membanggakan,” kata Iman pada media, Selasa 11 Agustus 2020.

Di sisi lain, Iman menegaskan agar kepala daerah yang terlibat dalam uji klinis calon vaksin tersebut murni kepentingan rakyat, tidak ada hubungannya dengan kepentingan politis. Artinya, proyek kemanusiaan ini jangan disangkutpautkan dengan perolehan suara.

“Jangan sampai uji klinis ini dianggap sebagai bagian dari kontestasi penanganan Covid-19. Harus berasal dari hati yang murni untuk menjadi sukarelawan untuk tujuan kemanusiaan,” kata Iman.

admin harianjabar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat