Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

7 Manfaat Ciplukan, Buah yang Mahal Harganya Tapi Dianggap Sebelah Mata

3 min read

Harianjabar.com – Ciplukan sering disepelekan. Ia tumbuh liar di kebun, sawah dan pekarangan. Selain itu, belum banyak orang tahu manfaat buah kecil ini.

Di kota, ciplukan populer dan bisa dibilang harganya mahal. Enggak percaya? Silakan searcing harga buah ini di marketplace atau online shop. Harganya variatif, mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu, tergantung jenisnya.

Ciplukan dikenal sebagai tanaman yang bagus bagi kesehatan. Ia tumbuh di daerah beriklim hangat dan subtropis. Buah yang berbentuk hampir menyerupai tomat ini juga dikenal dengan nama lain Physalis.

Di luar negeri, buah ini bisa dibilang langka dan mahal harganya. Di situs mysupermarket.co.uk misalnya, setiap 70 gram buah ceplukan ini bisa dihargai sampai Rp100 ribuan.

Mahalnya harga buah ceplukan di luar negeri ini tentu berkaitan dengan khasiat ajaibnya bagi tubuh. Buahnya bisa digunakan sebagai tomat, kulitnya bisa dimakan mentah dan pelengkap salad.

Di Tiongkok, buah ceplukan ini sering dijadikan obat alami mengatasi abses, batuk, demam dan sakit tenggorokan. HiMedik melansir dari womenfitness.net, buah ceplukan ini mengandung vitamin C 2 kali lebih banyak dari lemon.

Berikut ini manfaat dan sejumlah penyakit berbahaya yang bisa diatasi dengan satu tanaman ceplukan, mulai buah, dauh hingga batangnya:

1. Influenza

Semua bagian tanaman ceplukan dipercaya mampu mengatasi penyakit influenza yang berbahaya. Kita hanya perlu memotong buahnya seukuran 3-4 cm lalu dikeringkan.

Setelah dikeringkan, bungkus kembali buah ceplukan untuk menjaga kelembapannya. Cara mengonsumsinya dengan memasukkan buah ceplukan yang sudah dikeringkan pada segelas air panas dan minumlah sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

Hampir sama dengan mengobati influenza, kita cukup mengambil buah ceplukan yang sudah dikeringkan secukupnya lalu rebus dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas air.

Minum rebusan buah ceplukan ini sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus.

3. Penyakit paru

Buah ceplukan juga bisa mengobati segala jenis penyakit paru, salah satunya kanker. Caranya dengan merebus buah ceplukan dengan 3-5 gelas air sampai mendidih.

Setekah mendidih, diamkan air rebusan ceplukan itu sampai dingin lalu saring dan minumlah sebanyak 3 kali sehari.

4. Turunkan berat badan

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, buah ceplukan bisa digunakan sebagai makanan sampingan yang tidak akan menambah lemak dalam tubuh.

Sebab 100 gram buah ceplukan mengandung 53 gram kalori dan 1 gram lemak. Sehingga seseorang akan merasakan kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah banyak.

5. Kaya vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi fungsi penglihatan dan kesahatan kulit. Setiap hari manusia harus mendapat asupan vitamin A dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Buah ceplukan ini diketahui mengandung 14 persen vitamin A, sesuai kadar vitamin A yang diperlukan orang dewasa setiap harinya.

6. Sumber vitamin C

Setiap hari manusia juga membutuhkan asupan vitamin C untuk pembentukan kolagen, mengontrol tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Vitamin C juga sebagai anti-oksidan yang melindungi manusia dari radikal bebas.

Sedangkan, buah ceplukan ini mengandung 11 miligram vitamin C yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian manusia.

7. Vitamin B kompleks

Vitamin B dalam tubuh bertindak untuk menjaga sistem saraf dan ini sangat diperlukan manusia setiap harinya. 100 gram buah ceplukan sendiri diketahui mengandung banyak jumlah vitamin B, terdiri dari tiamin 7,3 persen, riboflavin 2 persen dan niacin 14 persen.

Sumber : SuaraJatim.id (https://jatim.suara.com/read/2020/10/07/154717/7-manfaat-ciplukan-buah-yang-mahal-harganya-tapi-dianggap-sebelah-mata?utm_source=babe&utm_medium=feed)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *