Harianjabar.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah menjangkit 448.118 orang yang terkonfirmasi positif dengan jumlah kematian sebanyak 14.836 kasus dan dinyatakan sembuh sebanyak 378.982 orang per 11 November 2020.

Tinggi kasus yang disertai dengan penyebarannya yang cukup cepat ke semua penjuru negeri membuat masyarakat takut dan khawatir akan terjangkit Covid-19.Kekhawatiran dan kecemasan terhadap penyakit Covid-19 ini kemudian menimbulkan stigma sosial, baik terhadap orang, tempat, atau hal-hal lain.

Salah satu stigma ini menimbulkan diskriminasi terhadap tenaga kesehatan.

Kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan mental petugas kesehatan yang saat ini berada di garda terdepan dalam melakukan pelayanan kepada pasien Covid-19.Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Kesehatan dalam momen Hari Kesehatan Nasional ke-56 mengadakan “Gerakan Tepuk Tangan 56 Detik” Sebagai Apresiasi Kepada Tenaga Kesehatan.

Tak ketinggalan, Dewan Pengurus Wilayah PPNI Jawa Barat, berpartisipasi untuk kegiatan ini dengan mengemas melalui kegiatan pengabdian masyarakat.”Pengabdian masyarakat dilakukan dengan melakukan pembagian masker bagi pengguna jalan seputar sekretariat DPW PPNI Jawa Barat Jalan Pasteur oleh perwakilan pengurus DPW, DPD, ikatan himpunan dan mahasiswa keperawatan,” kata Humas DPD PPNI, Masdum Ibrahim melalui aplikasi pesan, Kamis (12/11/2020).

Menurut Masdum, ada juga talkshow virtual dengan menghadirkan narasumber Ketua Satgas Covid-19 DPW PPNI Jawa Barat, Ani Maryani SKp MKep Sp KMB ETN dan dipandu oleh Masdum Ibrahim (DPD PPNI Kota Bandung) yang dihadiri oleh pengurus DPD, DPK PPNI Se-Jawa Barat dan masyarakat umum.

Sumber : Tribunnews.com (https://jabar.tribunnews.com/amp/2020/11/12/peringati-hari-kesehatan-dpw-ppni-jabar-dukung-gerakan-tepuk-tangan-56-detik)

admin harianjabar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat