Harianjabar.com – Tingkat partisipasi masyarakat Pangandaran untuk menyalurkan hak suaranya di Pilbup tahun 2020 menjadi yang tertinggi di Jawa Barat. KPU Pangandaran mencatat tingkat partisipasi masyarakat di Pilbup 9 Desember lalu tercatat di angka 83,88 persen.

“Pencapaian ini menjadi yang tertinggi di Jawa Barat, angka ini melampaui target minimal nasional di angka 77,5 persen, ” kata Ketua KPUD Pangandaran Muhtadin, Selasa (15/12/2020).Dijelaskan Muhtadin dari total daftar pemilih tetap sebanyak 320.008 orang, ada 267.677 warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. “Ini merupakan suatu hal yang membanggakan. Bukan hanya bagi kami sebagai penyelenggara, namun juga bagi segenap elemen dan masyarakat Pangandaran. Kami ucapkan banyak terimakasih, ” kata Muhtadin. Partisipasi tertinggi menurut Muhtadin terdapat di wilayah Kecamatan Cijulang.

Apresiasi juga diutarakan Ketua Desk Pilkada Kabupaten Pangandaran Kusdiana. “Tingkat partisipasi pemilih yang tinggi tentu memperkuat legitimasi proses demokrasi di Pilkada Pangandaran. Saya kira ini hasil kerja keras semua, terutama pihak penyelenggara dan masyarakat secara keseluruhan, ” kata Kusdiana.

Selain tingkat partisipasi pemilih, pelaksanaan Pilbup Pangandaran juga berhasil menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. “Protokol kesehatan diperhatikan sehingga sampai saat ini tidak ditemukan adanya klaster penularan Corona saat pelaksanaan Pilkada, ” kata Kusdiana.Dia juga mengatakan secara umum pelaksanaan Pilbup Pangandaran berjalan tertib dan lancar. “Sukses tanpa ekses, ” kata Kusdiana.

Sumber : Detik.com (https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5296061/tingkat-partisipasi-pilbup-pangandaran-tertinggi-di-jawa-barat?tag_from=wpm_nhl_2)

admin harianjabar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat