Harianjabar.com – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengratiskan vaksin untuk masyarakat merupakan keputusan tepat dan diapresiasi oleh berbagai kalangan.

Anggota DPR RI Marwan Jafar mengungkapkan, sebagian wakil rakyat jauh hari sebelumnya juga telah mengingatkan perlunya vaksin Covid-19 supaya digratiskan, terutama bagi rakyat yang kurang mampu.

Marwan menambahkan, dua bulan yang lalu atau tepatnya awal Oktober pihaknya telah beberapa kali mengingatkan pula betapa sangat pentingnya mulai dari rapid test sampai vaksin Covid-19 diprioritaskan gratis buat warga masyarakat yang kurang mampu.

“Sekali lagi, ya, termasuk menggratiskan vaksin buat rakyat ini adalah sebagai bukti kehadiran negara, representasi tanggung jawab pemerintah serta merupakan amanah dari perintah konstitusi kita,” kata Marwan kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).
Selain itu, menurut Marwan yang mantan Menteri Desa-PDTT, tidak kalah penting adalah aspek keamanan dari pemakaian vaksin.

Terutama dari sisi ilmiah seperti harus telah melalui uji klinis tahap ketiga.
Selanjutnya masalah transparansi data, mulai dari berapa banyak ketersediaan vaksin, bagaimana mekanisme dan distribusinya hingga siapa pemakai yang mendapat prioritas pemberian dan sebagainya, mesti dijelaskan oleh pemerintah.
“Saya juga menyarankan, demi kelancaran atau suksesnya vaksinasi Covid ini, arah dan arus komunikasi atau informasi dari pemerintah ke publik harus jelas dan benar. Katakanlah juru bicara dari pemerintah misalnya satu pintu, agar kesimpangsiuran informasi dan kebingungan publik bisa dihindari seoptimal mungkin,” pungkas anggota Komisii VI DPR RI ini.

Sumber : Tribunnews.com (https://m.tribunnews.com/amp/corona/2020/12/17/pemerintah-gratiskan-vaksin-covid-19-legislator-pkb-bukti-kehadiran-negara)

admin harianjabar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat