Harianjabar.com – Petugas Pemerintah Kota Depok berusaha membersihkan sampah yang berjejal di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) memakai tangan dan alat sederhana. Setelah itu, sampah diangkat ke bak truk. Dengan cara begini, petugas butuh waktu 1,5 bulan.


“Untuk pembersihan, kami belum pastikan karena dengan cara manual paling cepat 1,5 bulan kalau lancar dan tidak ada kendala,” kata Koordinator Lapangan Satgas Sumber Daya Air dan PUPR Kota Depok, M Eko Nadirsyah, saat dihubungi detikcom, Senin (25/1/2021).Petugas sudah melakukan pengambilan sampah pada pekan lalu. Cara manual seperti ini harus dilakukan karena alat berat tidak bisa turun ke kali. Eko menilai medannya sulit dilalui alat berat.”Kita akan berusaha semaksimal mungkin. Soalnya kita mau pakai alat berat buat turun saja tidak bisa, lokasinya curam,” kata dia.

Sampah ini dikatakannya mampet karena terhalang kayu dan bambu hasil tebangan di sepanjang aliran sungai. Selain itu, kali juga mengalami pendangkalan.

“Untuk saat ini kita membuka jalan dulu di tengah-tengah tumpukan sampah, supaya ada aliran air d antara tumpukan sampah, jadi memudahkan sampah yang paling ujung untuk digelontorkan ke arah jembatan dekat pabrik YKK yang kemudian diangkat,” tutur Eko.

Sebelum titik tumpukan sampah di Kali Baru Cijantung itu, ada dua Tempat Pembuangan Sampah (TPS), yakni TPS Pasar Pal dan TPS Tugu. Menurut Eko, sampah di kali ini lebih karena perilaku membuang sampah sembarangan dari warga secara umum.”Itu berasal dari kurangnya kesadaran masyarakat yang buang sampah ke Kali terutama di sepanjang Jl Raya Bogor dan juga yang berada di pinggir Kali Baru, bahkan juga yang dari wilayah Cibinong Bogor,” tuturnya.

Sumber : detik.com (https://news.detik.com/berita/d-5348122/kali-sampah-depok-dibersihkan-secara-manual-petugas-butuh-15-bulan/2)

admin harianjabar

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat