August 1, 2021

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

10 Tips Beli Rumah Baru Di Developer Supaya Tidak Tertipu

3 min read

Berita properti – Mencari jual beli rumah baru atau bekas/second lewat developer memang cara paling lazim dilakukan masyarakat perkotaan. Namun perlu hati – hati supaya tidak tertipu. Berikut 10 tips membeli rumah di developer perumahan yang perlu dipahami, khususnya jika ingin KPR. Bagaimana cara memilih developer perumahan terpercaya ? Apa strategi membeli rumah ?

Ada 13 juta orang yang membutuhkan rumah di Indonesia.

Bagaimana mereka melakukan jual beli rumah untuk memiliki tempat tinggal ?

Cara yang paling lazim adalah membeli di perumahan yang dibangun pengembang atau developer perumahan.

Ini cara yang menguntungkan karena:

Pertama, paling mudah. Anda tidak perlu repot mencari tanah, dan tidak harus membangun. Rumah sudah dibangun oleh developer. Anda tinggal search di situs jual beli rumah, dapat cocok, lalu tinggal menghubungi developer yang membangun rumah tersebut.

Kedua, perumahan ini umumnya memiliki kawasan yang tertata apik dengan landscape and fasilitas pendukung yang memadai.

Ketiga, bisa dibeli dengan KPR. Mayoritas pengembang kerjasama dengan bank dalam menyediakan fasilitas pinjaman untuk memiliki rumah. Ini cocok dengan profil pembeli yang 70% melakukan pembelian dengan kredit.

Namun, pembelian rumah lewat developer bukan tanpa masalah.

Beberapa minggu lalu, Beberapa media melaporkan satu halaman penuh keluhan – keluhan yang disampaikan lewat surat pembaca mengenai developer yang wanprestasi .

Bukan berarti semua developer jelek. Faktanya, lebih banyak developer yang bonafide.

Namun, untuk menghindari hal buruk terjadi, sebaiknya pahami dengan baik proses dan ketentuan dalam mengambil rumah lewat developer. Bagaimanapun juga membeli rumah itu melibatkan uang yang tidak sedikit, sehingga keputusannya harus dilakukan secara hati – hati.

Kita akan membahas dulu bagaimana proses dan legalitas jual beli rumah di pengembang. Setelah itu, kami jelaskan 10 tips membeli rumah di developer yang perlu diperhatikan supaya tidak timbul masalah.

Tips Beli Rumah

Beli rumah bukan perkara kecil buat mayoritas orang. Karena harganya yang mahal, orang mengeluarkan dana tidak sedikit.

Oleh sebab itu, perlu pertimbangan matang saat akan membeli rumah. Beberapa hal yang bisa menjadi strategi dan tips dalam membeli rumah.

  1. Persiapan keuangan untuk membeli rumah, apakah dibeli secara tunai atau pinjaman KPR kee bank, Keduanya akan menimbulkan pengeluaran tambahan yang signifikan setiap bulan, sehingga perlu dipikirkan kesiapan keuangan untuk membeli rumah
  2. Kunci pembelian dalam jumlah besar seperti rumah adalah persiapan. Jika memang ingin membeli rumah, maka perlu jauh – jauh hari mulai menyisihkan tabungan untuk persiapan beli rumah
  3. Rumah Baru vs Rumah Bekas. Tidak ada yang ideal karena masing – masing, baru atau bekas, punya kelebihannya sendiri. Pertimbangkan mana yang paling cocok dengan kondisi kita.
  4. Kontrak rumah bukan hal yang buruk secara keuangan, asalkan kita bisa menyisihkan uang untuk persiapan membeli rumah
  5. Bisa pikirkan untuk bangun rumah secara bertahap, misalnya beli tanahnya dulu, baru kemudian bangun rumahnya.
  6. Beli tunai atau kredit perlu dipertimbangkan dari segala aspek. Beli rumah secara kredit tidak jelek karena nilai asset properti yang cenderung meeningkat.

Proses Jual Beli Rumah Developer

Saat datang ke pengembang, pernah dengar ungkapan bahwa “proses jual beli rumah developer itu beli gambar”.

Ungkapan ini benar karena rumah yang dijual oleh developer perumahan memang belum jadi. Yang ada baru maket-nya, “jual gambar” istilahnya.

Kenapa jual maket atau indent ? Karena pihak pengembang mengandalkan kucuran dana dari KPR untuk membangun rumah.

Sebagai pembeli, Anda harus mendapatkan pinjaman KPR terlebih dahulu supaya rumah bisa dibangun oleh pengembang.

Miliki rumah di tajur halang bogor hanya dengan 3 juta rumah saja, anda bisa langsung memiliki rumah type 36. cek info lengkapnya hanya di www.sun-mansion.com atau hubungi intan – 0813-8310-8770

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat