• Sun. May 28th, 2023

Kiat Akselerasikan Metaverse Bagi Edukasi Bisnis di Tanah Air

Byadmin

Feb 20, 2022

Harianjabar.com – Akselerasi penggunaan teknologi Metaverse di berbagai sektor Industri menjadi pokok bahasan yang menarik para penggiat teknologi digital. Para pelaku bisnis dapat merasakan pengalaman tersendiri dalam pemanfaatan teknologi canggih ini guna mengakselerasi kapasitas bisnis.

Hal itu dilakukan PT Primeskills Edukasi Indonesia, perusahaan teknologi berbasis edukasi menyelenggarakan acara virtual bertajuk Prime Expo 2022: Metaverse dan Utilities beberapa waktu lalu.  Prime Expo 2022 membahas pemanfaatan metaverse dan teknologi imersif di sektor industri dengan fokus utama di bidang perbankan dan perhotelan. 

Perhelatan yang digelar secara daring ini dihadiri mencapai 150 peserta dari berbagai industri. Mereka merasakan pengalaman untuk berkeliling virtual hall  Primeskills bernama Prime Expo Hall sebagai venue utama.

Berkonsep seminar, diskusi, dan pameran virtual, Prime Expo 2022 melibatkan narasumber ahli dan praktisi di bidang teknologi, serta mitra strategis Primeskills.”Prime Expo 2022 juga dibahas secara mendalam mengenai potensi akselerasi metaverse dan teknologi imersif untuk memaksimalkan pelatihan dan edukasi yang akan dibutuhkan banyak perusahaan terutama di era pandemi Covid-19 saat ini,” kata CEO Primeskills, William Irawan.

Teknologi imersif yang digadang Primeskills sejak tahun 2020, yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Artificial Intelligence (AI), dan Gamification untuk membantu meningkatkan performa proses pembelajaran dan pendidikan. Teknologi imersif yang dikembangkan Primeskills dapat mendukung pengalaman belajar yang lebih mendalam, memotivasi karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan pelatihan untuk menjadi tenaga kerja andalan di masa depan. “Primeskills hadir dan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran tersebut hingga 75 persen menggunakan teknologi dasar metaverse yakni VR,” papar William dalam keterangan tertulisnya Ahad (20/2/2022).

Head of Learning and Talent Development PT Bank CIMB Niaga Muhammad Shodiq mengakui sebagai bank pertama yang telah mengadaptasi metode pembelajaran cara baru dengan menggunakan teknologi VR training, Shodiq telah merasakan manfaat dan efektivitas penggunaan teknologi ini, terutama di masa pandemi. “Metode VR training mampu memfasilitasi metode pembelajaran 3E, yaitu education, exposure, dan experience,” katanya.

 47 total views