Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

BPD HIPMI Jawa barat siap realisasikan sinergitas HIPMI dengan POLRI

3 min read

Harianjabar.com – Sidang Dewan Pleno (SDP) BPP HIPMI yang diadakan di Hotel Trans Resort bali pada tanggal 17 – 18 maret 2022 turut mengundang beberapa pemateri seperti KAPOLRI Jendral Listyo sigit purnomo, Mentri Investasi / BKPM Bahlil lahadalia, Mentri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid, dan Menteri pariwisata Sandiaga salahudin uno.

Acara ini dihadiri oleh para pengusaha muda yang tergabung di Himpunan pengusaha muda indonesia (HIPMI) yang terdiri dari 34 Badan Pengurus Daerah (BPD) di indonesia beserta pengurus. 

tema acara Sidang Dewan Pleno (SDP) BPP HIPMI yaitu “Konsolidasi HIPMI untuk pemulihan ekonomi indonesia”.

disela sela memberikan materi terkait tema Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak seluruh pengurus maupun anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengawal serta mendukung kebijakan demi kebijakan yang diambil pemerintah dalam rangka mengupayakan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

KAPOLRI juga mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Rakernas Hipmi 2021.

“Kemudian ini menjadi tantangan kita untuk sama-sama mencapai target pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2022. Memang betul-betul harus kita jaga agar terus bisa tumbuh di atas angka lima persen. Karena menjadi syarat kita, bisa terlepas dari yang biasa disebut Middle Income Trap,” kata Sigit dalam Forum Bisnis Sidang Pleno Hipmi bertema ‘Kolaborasi Pengusaha Muda dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca-Pandemi’ di Hotel Trans Resort Bali, Jumat (18/3/2022).

Ketua umum BPD HIPMI Jawa barat kang surya batara kartika (SBK) menyambut hangat kolaborasi POLRI bersama HIPMI, semoga sinergitas dan kolaborasi ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Selain itu, BPD HIPMI Jawa barat siap mengawal kebijakan ekonomi dimasa pandemi covid 19. tak hanya itu, HIPMI jawa barat akan segera melakukan audiensi dengan KAPOLDA Jawa barat guna menindaklanjuti permintaan KAPOLRI terkait pendampingan dan kerjasama dalam program pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dalam waktu dekat kami BPD HIPMI jawa barat akan segera merealisasikan program sinergitas POLRI dengan HIPMI” ucap sbk.

KAPOLRI menyampaikan Jokowi pernah menyatakan kader Hipmi pasti bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang dan membalikkan bencana Pandemi COVID-19 menjadi sebuah kebangkitan ekonomi kita. 

“Jadi ini sengaja saya mengingatkan kepada rekan-rekan. Saat ini, pemerintah sedang melakukan berbagai macam program pemulihan ekonomi nasional,”

Sigit menyebut Hipmi berperan dalamnya berbagai hal untuk dukung program-program tersebut, mulai dari sosialisasi, cara mengembangkan UMKM, e-commerce, penyaluran KUR, FGD, serta talkshow untuk melahirkan pengusaha baru. Mantan Kabareskrim Polri ini juga menuturkan perkembangan lingkungan global yang memberikan dampak terhadap Indonesia.

Sigit menambahkan perlu kerja sama hingga sinergi seluruh stakeholder dalam mengawal program pertumbuhan ekonomi nasional.

“Yang menjadi tantangan kita saat ini, karena kita berusaha untuk bisa lepas dari Middle Income Trap. Namun di sisi lain dengan kondisi pandemi COVID-19 yang ada ini tentu jadi tantangan berat. Yang harus tentunya kita lakukan adalah konsolidasi yang kuat untuk bisa menjaga,” ucap Sigit.

Menurut Sigit, untuk terus mencapai target pertumbuhan perekonomian Indonesia, tentunya harus diiringi dengan pengendalian pandemi COVID-19 yang optimal. Terkait hal itu, Sigit menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal keempat sebesar 5,02. Ia pun berharap, di kuartal pertama 2022 bisa berada di angka 5,3 hingga 5,5.

Kemudian dari segi pengendalian COVID-19, mantan Kapolda Banten ini menjelaskan, berdasarkan data Indeks Nikkei akhir 2021, Indonesia menjadi negara yang berada di urutan pertama dalam hal tersebut. Sedangkan dari CDC Amerika Serikat, Indonesia berada di kategori level I. Bahkan, Indonesia saat ini menjadi peringkat lima di dunia terbanyak terkait penyuntikan dosis vaksin, dengan jumlah 360,8 juta.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *