Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

5 Masjid dengan Bangunan Unik di Bandung.

2 min read

Harianjabar.com – Kota Bandung tidak hanya memiliki landmark ikonik dan bersejarah, namun juga mempunyai deretan masjid dengan bentuk yang unik. Masjid-masjid unik ini dengan mudah ditemui dan didatangi warga untuk beribadah.Berikut ini lima masjid dengan bentuk unik di Kota Bandung:

1. Masjid Al Jabbar

Masjid Al Jabar berdiri di atas lahan seluas 25,9 hektare Di Gede Bage Bandung. Dirancang oleh Ridwan Kami, pembangunan masjid megah ini ditargetkan rampung akhir 2022. Saat ini proses pembangunan telah memasuki tahap finishing.

Masjid dengan konsep terapung ini bakal dilengkapi dengan Museum Rasulullah, Museum Asmaul Husna dan Museum Al-Quran. Selain itu akan dilengkapi tempat simulasi manasik haji.

2. Masjid Agung Trans Studio Bandung (TSB)

Rumah ibadah seluas 4.000 meter persegi bergaya Timur Tengah ini menjadi oase di tengah-tengah pusat perbelanjaan dan tempat rekreasi. Desainnya dibuat mirip Masjid Nabawi. Konsep masjid modern yang mengadopsi ala Timur Tengah ini berdasarkan arahan Chairul Tanjung (CT), selaku pemiki CT Corp.

Bangunan Masjid TSB yang persis karakter Nabawi terletak pada bagian pilar marmer di dalam masjid, kepala pilar dan relung tembok jendela. Begitu juga bagian mihrab dan pintu utama masjid. Masjid ini diresmikan pada 2015 lalu.

3. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung dibangun bersamaan dengan dipindahkannya pusat kota Bandung pada tahun 1812. Bangunan Masjid sendiri sudah bebrapa kali mengalami renovasi dan pebaikan.

Masjid kebanggaan warga Bandung ini memiliki ciri khas dua menara yang menjadi objek wisata religi. Dari atas ketinggian, kita bisa menikmati panorama Bandung.

Panorama Bandung dari ketinggian menara sangatlah indah dipandang mata. Tinggi Masjid sepanjang 99 meter, dengan pondasi sedalam 18meter, dan dari atas permukaan tanah bangunan ini setinggi 81 meter.

4. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini memiliki keunikan tersendiri, utamanya karena bentuk bangunan masjid yang tak seperti masjid pada umumnya.

Masjid Al Irsyad berbentuk persegi atau kubus dengan fasad berongga pada dinding yang membentuk lafaz dua kalimat syahadat. Berdiri di atas lahan 1 hektare masjid ini diresmikan pada bulan Agustus 2010.

Sosok yang merancang masjid monumental di Bandung Barat itu ialah Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat saat ini. Arsitektur masjid tersebut mengadopsi gaya bangunan Masjidil Haram dan Kakbah.

Masjid ini juga mengusung konsep green mosque atau masjid hijau pada bangunan Masjid Al Irsyad. Hal itu terproyeksikan dari banyaknya ruang terbuka di bagian dalam masjid. Paling mencolok yakni mihrab dan mimbar yang terbuka lebar dengan bentangan gunung dan pepohonan hijau. Bagian itu juga memperlihatkan sebuah bola beton berukuran besar dengan lafaz Allah.

5. Masjid Al-Imtizaj

Masjid yang berada di Jalan ABC, Kota Bandung ini memiliki arsitektur unik menyerupai bangunan Tionghoa. Masjid dengan warna dominan merah, dipadukan dengan warna emas dan kuning ini berdiri didalam bangunan eks Mal Matahari pada Tahun 2008 lalu.

Meski terlihat kecil, masjid ini berkapasitas 200 orang. Ornamen yang ada di masjid ini juga unik, terdapat kaligrafi, ada juga tulisan Cina hingga lampion. Masjid ini didirikan tahun 2008 lalu.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *