August 8, 2022

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Kecemasan Berlebih Bahaya bagi Kesehatan Mental, Ini Cara Atasinya!

3 min read

Harianjabar.com – Perasaan cemas merupakan salah satu hal wajar yang dialami oleh banyak orang. Bahkan, beberapa orang kerap merasa cemas setiap harinya. Adapun perasaan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari pekerjaan, persoalan keluarga, kesehatan, hingga masalah keuangan.

Dikutip dari Healthline, persoalan tersebut merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari yang umumnya berkontribusi pada peningkatan tingkat stres dan cemas. Di samping itu, seseorang juga bisa merasa stres dan cemas lantaran faktor-faktor seperti genetika, kondisi sosial, gaya hidup, dan tipe kepribadian.

Kondisi ini memang tidak sama dengan gangguan kesehatan mental seperti depresi, yang memerlukan perawatan dari profesional medis. Namun, jika kecemasan yang dialami berlebih maka hal ini mesti diwaspadai. Sebab, kecemasan berlebih bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental dan produktivitas. Berikut adalah sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengendalikan rasa cemas.

Alih Pikiran dengan Rasa Syukur

Mengambil kendali atas kehidupan pribadi dapat membantu mengurangi rasa cemas dan melindungi kesehatan mental. Salah satunya dengan mulai menghindari hal-hal yang justru dapat menambah beban sehingga membuat stres dan cemas berlebih. Cobalah juga untuk melakukan meditasi atau terapi dengan mengalihkan pikiran terhadap sesuatu yang membuat cemas.

Bermeditasi secara konsisten, bahkan untuk waktu yang singkat, juga dapat membantu meningkatkan suasana hati, serta mengurangi gejala stres dan kecemasan. Selain itu, perbanyak juga bersyukur terhadap hal-hal kecil yang telah kamu lakukan.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga atau sekadar jalan kaki dan bersepeda disebut mampu mengurangi rasa stres dan cemas. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati. Dengan berolahraga secara teratur, secara tidak langsung kamu ikut membantu memperbaiki kondisi kesehatan mentalmu seperti kecemasan berlebih dan depresi.

Kurangi Asupan Kafein

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein disebut dapat memperburuk dan meningkatkan perasaan cemas. Pada dasarnya, setiap orang memiliki ambang batas kafein atau kemampuan mengonsumsi kafein yang berbeda.

Namun, jika kamu menyadari kafein membuatmu gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya dengan mengganti kopi atau minuman lainnya seperti teh atau minuman herbal tanpa kafein. Banyak penelitian menunjukkan kopi sehat untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, disarankan untuk menjaga asupan kafein di bawah 400 mg per hari, atau setara dengan 4-5 cangkir.

Habiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Memiliki support system menjadi hal penting bagi kesehatan mental seseorang secara keseluruhan. Bahkan, dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat membantu kamu melewati masa-masa stres dan mengurangi rasa cemas. Jadi, luangkanlah waktu setiap hari atau setiap minggu bersama orang-orang terdekat kamu.

Jika kamu sering merasa cemas saat sendirian dan tidak memiliki teman atau keluarga yang bisa diandalkan, bergabunglah dengan klub tertentu yang sesuai dengan minat kamu.

Buat Perencanaan Matang dan Proteksi Risiko

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, masalah finansial juga bisa menjadi faktor munculnya rasa cemas dan stres. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk bisa mengatur keuanganmu, mulai dari bertransaksi maupun menabung, dengan rasa aman.

Untuk mendapatkan rasa aman itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan dompet digital DANA. Pasalnya, DANA telah dilengkapi dengan dengan fitur safety & security DANA Protection yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis.

Contohnya saat kamu bertransaksi, setiap transaksimu akan dilindungi oleh sistem keamanan berlapis PIN DANA, Kode OTP & Face Verification. Kemudian jika kamu mengalami kendala, kamu bisa memanfaatkan bantuan Pusat Resolusi 24/7 di aplikasi DANA, yang memungkinkanmu untuk menghubungi Customer Care DANA 24 Jam secara langsung, serta mengecek langsung status laporan keluhanmu. Kamu pun juga akan semakin tenang karena DANA memberikan garansi 100% uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.