August 8, 2022

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

3 Fakta Terbaru Kasus Sabu Jerat Gary Iskak di Bandung.

3 min read

Harianjabar.com – Artis Gary Iskak menjalani rehabilitasi usai ditangkap polisi gegara sabu. Gary Iskak dianggap sebagai korban dari penyalahgunaan narkotika lantaran hanya pemakai.

Sejumlah fakta baru terungkap dari kasus tersebut. Apa saja

1.Gary Iskak Direhabilitasi
Polisi mengirim artis Gary Iskak ke BNN untuk dilakukan rehabilitasi. Dia direhabilitasi berdasarkan hasil assesment yang dilakukan BNN Jawa Barat.

“Sesuai dengan Undang-Undang narkotika Pasal 56, bahwa tersangka yang didapatkan atau diperoleh barang bukti kurang dari 1 gram ini dilakukan assesment. Sehingga petugas melakukan koordinasi dengan BNNP Jabar melakukan assesment kepada yang bersangkutan,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (30/5/20229).

Gary Iskak dan empat orang lainnya kemudian dilakukan assesment di BNN Jabar pada 25 Mei 2022 lalu. Berdasarkan hasil assesment, BNN dan Polda Jabar menyimpulkan Gary Iskak untuk dilakukan rehabilitasi.

“Kesimpulan diperoleh kelima orang ini korban penyalahgunaan narkotika. Walaupun sebagai pengguna sejak lama yang kembali, namun sudah mendapatkan pengobatan dan kambuh kembali dan membutuhkan rehabilitasi,” tuturnya.

“Pada jumat 27 Mei (2022), kelima tersangka dilimpahkan ke BNNP untuk menjalani Rehabilitasi dengan melalui proses TAT dan disetujui BNNP dan kejaksaan,” kata Ibrahim menambahkan.

2. Dinilai Korban Narkoba
Artis Gary Iskak menjalani rehabilitasi usai ditangkap karena sabu-sabu. Polisi menyatakan aktor tersebut sebagai korban penyalahgunaan narkoba.

“Kesimpulan diperoleh kelima orang korban penyalahgunaan narkotika,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (30/5/2022).

Ibrahim menjelaskan sebelum menetapkan Gary Iskak sebagai korban, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebanyak 7 orang saksi diperiksa. Dari hasil pendalaman, mereka membeli dan bukan termasuk golongan pengedar.

Hal yang sama juga berlaku bagi keempat orang lainnya yang ikut ditangkap. Sehingga, polisi menyatakan Gary Iskak dan 4 orang lainnya sebagai korban.

“Adapun kesimpulan mengingat korban penyalahgunaan bukan jaringan, serta punya keluarga, serta dari kondisi medis butuh perawatan maka perlu rehabilitasi sesuai dengan kesimpulan assesment tim medis,” kata Ibrahim.

3. Asal Usul Sabu Terungkap
Gary Iskak menjalani rehabilitasi usai ditangkap gegara sabu-sabu. Polisi turut mengungkap sabu-sabu yang dikonsumsi aktor tersebut didapat dari seseorang dua bulan lalu.

“Dilakukan penelusuran dan informasi yang didapatkan, bahwa sabu itu diperoleh dari seorang berinisial O. Namun pada bulan Maret dan baru digunakan pada bulan Mei kemarin,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (30/5/2022).

Sabu-sabu tersebut lantas digunakan di sebuah rumah di kawasan Pasir Putih, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari pada 23 Mei 2022 lalu. Saat itu, Gary mengkonsumsi sabu bersama empat orang lainnya yakni SP, DW, TR dan AM. Usai menggunakan sabu, Gary lalu ditangkap oleh Polda Jabar yang dipimpin Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Jabar AKBP Herry Affandi.

“Kita mengamankan lima orang yang diduga telah melakukan penyalahgunaan narkotika. Di mana ditemukan alat bukti berupa dua alat hisap sabu, korek api dan plastik klip bekas kemasan sabu,” katanya.

Usai penangkapan tersebut, polisi melakukan pendalaman. Tujuh orang saksi diperiksa atas kasus tersebut. Hasil dari pendalaman, polisi menyatakan Gary dan empat lainnya merupakan korban penyalahgunaan narkotika dan direkomendasikan BNN Jabar menjalani rehabilitasi.

“Simpulan yang diperoleh, lima orang tersebut disimpulkan sebagai korban penyalahgunaan narkoba jenis sabu walaupun sebagai pengguna sejak lama tapi sudah mendapatkan pengobatan dan berhenti menggunakan tapi kambuh kembali baru-baru ini dan membutuhkan perawatan rehabilitasi,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.