August 8, 2022

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Momen Haru Prabowo Bertemu Agum Gumelar dan Purnawirawan TNI di Hambalang.

3 min read

Harianjabar.com – Para purnawirawan TNI berkumpul dalam acara halal bihalal yang digelar di kediaman Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Hadir pada kesempatan tersebut para senior dan mantan komandan Prabowo.

Di antara purnawirawan yang hadir adalah Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar yang pernah menjadi Danjen Kopassus, Panglima Kodam, Gubernur Lemhannas, Menteri Perhubungan, Menko Polsoskam, dan sekarang Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (PEPABRI).

Hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Laut tahun 2002-2005 Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Kepala Staf Angkatan Laut tahun 2008-2009 Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno, Kepala Staf Angkatan Udara tahun 2009-2012 Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat.

“Saya sangat terharu. Saya sangat merasa sangat-sangat dihormati. Karena hadirnya begitu banyak senior saya. Begitu banyak panutan saya, pembina saya, mentor saya, mantan-mantan komandan saya,” ujar Prabowo dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Dalam kesempatan ini hadir Hardjanti Wismoyo Arismunandar yang merupakan istri dari mantan komandan Prabowo, almarhum Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar.

Wismoyo merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat tahun 1993 sampai 1995 dan Pangkostrad periode 1990 sampai dengan 1993. Kedatangan Ibu Hardjanti ini pun membuat Prabowo terharu.

“Terutama hadir di sini Ibu asuh kita. Ibu komandan saya, Ibu Hardjanti Wismoyo Arismunandar,” kata Prabowo sambil menahan air mata.

Selain itu, hadir mantan Danjen Kopassus, Panglima Kodam, dan Panglima Kostrad Letnan Jenderal (Purn) M Tarub, Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia Mayor Jenderal TNI (Purn) Saiful Sulun, dan Gubernur Sulawesi Utara ke-11, Menteri Perhubungan, Menteri PAN RB, Wakil Ketua MPR RI tahun 2014-2019 Letnan Jenderal TNI (Purn) Evert Ernest Mangindaan.

“Hadir di sini beberapa mantan Panglima Kostrad, beberapa mantan Pangdam, beberapa mantan Danjen Kopassus, beberapa Panglima Armada, beberapa Panglima Operasi Angkatan Udara, para mantan Komandan Pasukan dari Pelaut Penerbang dan seluruh purnawirawan yang saya banggakan,” kata Prabowo.

Meski tidak bisa hadir dalam reuni tersebut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo mengirimkan video menyapa Prabowo dan para purnawirawan.

Subagyo HS adalah mantan komandan Prabowo yang merupakan Danjen Kopassus yang menjabat pada September 1994 hingga Desember 1995, yang juga mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI periode pertama Presiden Joko Widodo.

Persahabatan Prabowo dengan Surya Paloh

Sebelumnya dibertitakan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan rasa persahabatannya dengan Ketum NasDem Surya Paloh. Persahabatannya dengan Paloh sudah menginjak 40 tahun dan sama-sama alumni Partai Golkar.

“Pak Surya ini lebih senior dari saya, jadi saya panggil Bang Surya walaupun seniornya hanya 3 bulan tapi kalau adat istiadat kita walau 1 hari kalau lebih tua kita tetap harus panggil abang,” kata Prabowo di DPP NasDem, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

“Jadi benar saya dengan Pak Surya hubungannya sudah ada 40 tahun, kita bersahabat dan kita juga alumni Golkar,” sambungnya.

Prabowo menyebut, dalam kehidupan, terkadang sahabat berbeda jalan. Meski berbeda, ujungnya tetap bersahabat.

“Kita pernah bersaing kita pernah kadang-kadang berbeda pandangan tapi diujungnya karena kita saling yakin bahwa kita sama-sama cinta merah putih sama-sama cinta tanah air,” tuturnya.

Prabowo mengaku banyak belajar dengan Paloh, dari ilmu praktis maupun ilmu lapangan. Darinya juga mengagumi koleksi yang dimiliki Paloh.

“Bang Surya kita juga banyak hobi yang sama, beliau sangat suka sejarah, beliau mengkoleksi patung-patung pahlawan-pahlawan nasional, action-action, tokoh-tokoh, beliau juga sama dengan orang yang saya kagumi. Mahatma Gandhi, Nelson Mandela dan lain lain yang saya lihat beliau suka dengan tokoh-tokoh revolusioner,” tuturnya.

“Tokoh yang selalu membela rakyat, tokoh-tokoh yang membela kebenaran dan keadilan. Mungkin karena kita mirip, kita mirip, Libra Oktober, dekat-dekat situ lah,” tukas Prabowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.