August 8, 2022

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

TikTok Shopping Bagikan Tips Maksimalkan Livestream Sale Biar Kreator Lokal Makin Cuan.

4 min read

Harianjabar.com – Pengguna TikTok tentu sudah tak asing dengan sesi livestream sale yang lewat di halaman For You. Dengan konsep livestream sambil berbelanja yang biasa ditawarkan di program TikTok Shopping ini, pengguna kini bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menghibur, atau biasa disebut dengan shoptainment.

Livestream ini bukan hanya dilakukan oleh selebriti, tapi juga oleh kreator TikTok, lho. Tidak jarang, para kreator TikTok dari berbagai latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran, akhirnya menjadikan sesi livestream sales di TikTok Shopping ini sebagai karir baru mereka.

Menghadirkan sesi livestream yang kreatif, seru, dan menghibur memang menjadi kunci utama untuk mendatangkan banyak audiens. Namun, ada beberapa jurus lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para kreator untuk memaksimalkan sesi livestream sales mereka tentunya untuk meningkatkan pendapatan selama sesi berlangsung dengan mendorong para audiens tersebut untuk bertransaksi.

Berikut adalah tips yang diberikan oleh sejumlah kreator, yang bisa dibilang telah berhasil menjadi top kreator livestream sales melalui TikTok Shopping. Mari kita simak!

-Sering-Seringlah Mengikuti Pelatihan dan Asistensi dari Tim Ahli
Pengguna TikTok sangat beragam, dan tentunya punya kebutuhan yang juga beragam. Dengan melihat berapa lama rata-rata pengguna menonton sesi livestream kamu, di momen mana yang paling banyak terjadi interaksi di kolom chat, atau produk apa saja yang paling banyak dibeli selama sesi berlangsung, bisa membantu kamu untuk menghadirkan sesi livestream yang lebih efektif lagi di kesempatan berikutnya.

Kemampuan ini tentunya bisa didapatkan dengan bantuan para tim ahli di platform terkait, yang bisa membimbing kamu untuk memaksimalkan data yang ada. Hal tersebut dilakukan oleh kreator chrstn.var atau biasa dipanggil Ren. Terkenal sebagai beauty influencer dengan konten yang interaktif, Ren termasuk kreator yang rajin membaca data-data tentang pengikut atau penonton livestream sales-nya.

“Dengan konsisten melakukan review terhadap sesi livestream-ku sendiri, aku bisa melihat mana yang berhasil atau yang tidak cocok untuk penonton. Tim TikTok Shop juga sangat membantu dengan memberikan workshop mengenai cara membaca data ini saat program inkubasi kreator yang kuikuti sejak bulan April ini,” kata Ren.

Berkat kegigihan Ren untuk terus menghadirkan konten livestream sale yang lebih menarik dan efektif, ia berhasil menjadi salah satu kreator dengan traffic organik paling tinggi selama program TikTok Shopping Ramadan Sale yang berlangsung beberapa minggu lalu, tepatnya sebanyak 166.1 ribu views! GMV yang dihasilkan Ren pun meningkat lebih dari 40 kali lipat dibandingkan sebelum Ramadan. Hasil tentu sangat membanggakan mengingat inilah kali pertama Ren mengikuti sesi livestream sale di program TikTok Shopping.

-Jangan Ragu Berkolaborasi dengan Komunitas
Di beberapa kategori, mendapatkan dukungan dari komunitas akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan akun dan mendapatkan banyak audiens. Bahkan dari komunitas ini, kamu bisa menarik masukan dari mereka yang nantinya bisa digunakan untuk membuat sesi livestream sales-nya lebih menarik, yang tentunya membukakan kesempatan untuk bekerja sama dengan lebih banyak brand.

Kohcun, kreator yang fokus di kategori teknologi, mengakui bahwa dukungan komunitas digital sangat berpengaruh bagi akunnya di TikTok. “Dari komunitas ini, aku mendapatkan banyak masukan, termasuk tentang cara menyampaikan detail produk, hingga bagaimana tips untuk menemukan produk dengan harga terbaik di pasaran. Dengan begitu, para penonton pun mendapatkan pengalaman belanja online terbaik saat mereka menyaksikan sesi livestream sales-ku di TikTok Shopping,” ujar Kohcun.

Keseriusan Kohcun dalam menjaga hubungan dengan komunitas ini membuahkan hasil. Bersama dengan tim TikTok Shop yang membantunya menjangkau lebih banyak komunitas, serta kolaborasi dengan berbagai brand terkenal seperti JD.id, Oppo, Bardi, TCL, dan Cooca, Kohcun bisa mendapatkan lebih dari 1 miliar rupiah dalam satu sesi livestream pada saat program TikTok Shopping Ramadan Sale lalu. Hebat, ya!

-Aktiflah Berpartisipasi dalam Kompetisi Kreator di TikTok Shop
Menjadi kreator livestream sale di TikTok Shopping terbuka bagi siapa pun, dan keuntungan yang didapatkan juga sama. Mulai dari produk sampel yang dibagikan gratis, komisi untuk setiap penjualan produk, hingga workshop eksklusif untuk mengembangkan konten livestream-nya.

Namun, ada satu program lagi yang bisa dimanfaatkan oleh kamu untuk memaksimalkan sesi livestream sales di TikTok Shopping, yaitu dengan mengikuti kompetisi Liga Kreator Super TikTok Shopping 2022 dengan berbagai hadiah menarik. Natasha Surya, kreator TikTok yang terkenal dengan konten livestream seputar perabotan rumah dan produk lifestyle, membagikan pengalamannya saat mengikuti Liga Kreator Super TikTok Shopping 2022 pada saat program TikTok Shopping Ramadan Sale lalu.

“Bisa ikut serta dalam program TikTok Shopping pun sudah mendatangkan banyak keuntungan, apalagi jika kamu berkesempatan untuk mengisi sesi livestream sales di momen puncaknya, pasti akan lebih mudah mendapatkan banyak penonton. Belum lagi, dengan menjadi pemenang di kompetisi ini, aku bisa berkolaborasi dengan selebriti ternama seperti Nagita Slavina. Seru banget!” ungkap Natasha.

Dengan gaya yang bertutur yang lugas dan sesi livestream yang dikemas dengan apik, tidak mengherankan jika kreator yang juga brand ambassador untuk Tineco dan Polki ini keluar menjadi pemenang di Liga Kreator Super TikTok Shopping. Ia berhasil mengantongi lebih dari 700 juta rupiah dalam satu sesi livestream saat program TikTok Shopping Ramadan Sale lalu, jauh lebih tinggi dibandingkan periode sebelum bulan puasa.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi kreator livestream sale, TikTok Shop kembali membuka pendaftaran untuk berpartisipasi di program TikTok Shopping Traktiran Tengah Tahun. Para kreator yang ikut serta di program ini akan mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti peningkatan basis penggemar, biaya komisi yang bisa menjadi pendapatan tambahan, sample produk gratis dari sejumlah brand, serta hadiah berupa uang tunai. Untuk pendaftaran, dapat mengunjungi link berikut ini, paling lambat tanggal 16 Mei 2022. Yuk, jadi kreator livestream sale TikTok Shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published.