Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Viral Warga Subang Buat Figur Robot Gundam Berukuran Raksasa.

3 min read

Harianjabar.com – Seorang warga Kabupaten Subang, Jawa Barat, menjadi sorotan setelah membuat karya yang luar biasa dengan membuat kerajinan tangan figur Gundam, atau robot dalam serial fiksi ilmiah dari Jepang.

Warga tersebut bernama Anwar Maulana yang berasal dari Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang membuat kerajinan replika berbentuk robot Gundam. Pada kesempatan kali ini, HarianJabar akan mengulas beberapa keterampilan yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif sosok dari Anwar tersebut.

Anwar, yang saat ini berusia 42 tahun itu menceritakan, pembuatan dari karya-karyanya tersebut berawal dari keinginan yang tinggi untuk melakukan suatu hal yang kreatif dan dapat membuat karyanya bisa dinikmati oleh orang lain.

“Awalnya saya memang iseng-iseng ya saya punya keinginan lah buat sesuatu, pertama yang kecil-kecil dulu buat sendiri, terus saya memang paling suka itu lihat gambar-gambar robot khususnya senang,” ujar Anwar

Faktor lainnya berawal dalam membuat figur robot Gundam ini, Anwar sempat melihat di internet terdapat di salah satu toko yang berada di Jepang membuat figur robot Gundam dengan tinggi 18 meter yang membuat dirinya tertarik untuk membuat figur robot Gundam tersebut.

“Nah jadi saya terinspirasi buat juga tapi yang kecil-kecil dulu tidak langsung yang besar,” katanya.

Berawal dari situlah, tangan kreatif dari Anwar pun langsung mencoba membuat figur robot kesukaannya yang tak lain Gundam itu.

Anwar mengaku kecintaan dan ketertarikannya untuk belajar membuat replika robot Gundam bisa menjadi figur tersebut sejak tahun 2000 silam. Namun, untuk keseriusannya sendiri muncul pada tahun 2018 kemarin. Ia juga mengungkapkan bahwa ia belajar dengan cara autodidak.

“Kalau belajarnya dari tahun 2000-an lah sekitar 22 tahun yang lalu, tapi dari yang kecil lebih dahulu buat mobil buat apalah,” ucapnya.

Material dari replika robot Gundam yang dibuat oleh Anwar tersebut bermacam-macam, seperti kayu dari pohon mahoni dan triplek. Uniknya, dalam mewarnai hasil replika dari robot Gundam sendiri Anwar tidak menggunakan cat cair melainkan menggunakan lapisan skotlet motor untuk bagian warnanya dengan alasan agar lebih terlihat rapih dan tidak mudah luntur.

“Kalau bahan kerangka itu dari kayu untuk keseimbangan beban saya menggunakan kayu mahoni untuk tulangnya, kalau untuk armor-armor ini saya pakai triplek dengan ditambah menggunakan spons karet. Nah untuk yang terakhirnya menggunakan skotlet motor saya tidak pakai cat uniknya, soalnya cat itu ribet,” ungkapnya.

Selain itu juga, Anwar mengungkapkan kesulitan-kesulitan dalam membuat replika figur robot Gundam ini yakni dalam hal membuat mirip sedemikian rupa dari gambar sample yang diminta pelanggan sampai dengan wujud replika nantinya.

Pasalnya, Anwar mengaku akan merasa kecewa apabila pelanggannya tidak puas atas karya yang dibuatnya tidak sesuai dengan permintaan.

“Kesulitannya bukan di bahan baku soalnya banyak ada di online. Cuman yang sulit itu untuk semirip itu (gambar), soalnya itu imajinasinya harus kuat, kalau misalkan tidak sesuai saja konsumen merasa dikecewakan, pokonya rasa kepercayaan konsumen harus saya jaga,” katanya.

Selain membuat figur robot Gundam, ia juga membuat beberapa karya menarik lainnya seperti robot superhero Ironman dan mobil-mobil kecil lainnya.

Sementara itu, ia pun semakin terkenal dan viral di media sosial setelah berhasil membuat beberapa replika robot Gundam karena membuat dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan ia pernah membuat replika robot Gundam dengan seorang diri mencapai tinggi 5,3 meter dan terlihat sangat mirip dengan Gundam aslinya.

Bahkan, nama Anwar kini mulai dikenal di kalangan penggemar replika Superhero, dan sering mendapatkan pesanan sudah sampai ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta hingga ke Bali. Kerapihan serta detail pembuatannya menjadi salah satu faktor yang disukai penggemarnya.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *