August 8, 2022

Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

Situasi Terkini Pemakaman Eril di Cimaung Bandung

2 min read

Harianjabar.com – Almarhum putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, akan dimakamkan hari ini, Senin (13/6/2022) di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Di lokasi, warga telah memadati sekitar lokasi pemakaman Eril.

Lokasi makam Eril sendiri berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan atau berjarak sekitar 30 kilometer dari Rumah Dinas Gubernur Jabar, jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja). Sementara cuaca di lokasi pemakaman terpantau cerah

Sejumlah petugas terlihat masih terus melakukan persiapan area pemakaman almarhum Eril di kawasan Yayasan Islamic Centre Baitulridwan. Sejumlah alat berat juga diturunkan guna merapikan jalan masuk ke area pemakaman.

Hujan yang mengguyur lokasi pemakaman semalam sempat membuat jalan becek. Petugas pun terus mengebut pengerjaan pemerataan jalan menggunakan pasir dan batu.

Sementara untuk menyambut keluarga dan tamu, panitia telah menyiapkan dua tenda besar di lokasi.

Antusias warga di sekitar lokasi pemakaman Eril membuat arus lalu lintas ramai lancar di sepanjang jalan menuju area pemakaman. Kendati demikian, warga hanya bisa melihat dari kejauhan lantaran tidak diperkenankan masuk ke area pemakaman.

Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan sekitar pukul 11.00 WIB. Proses pemakaman akan dimulai dari keberangkatan jenazah Eril dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, pada pukul 09.00 WIB.

Adapun lokasi pemakaman bukan pemakaman umum, melainkan untuk keluarga yang sudah dipersiapkan keluarga Gubernur Ridwan Kamil beberapa waktu sebelumnya yang menyatu dengan proyek masjid atau Islamic Center.

Sementara itu, Kadisdik Jabar Dedi Supandi mempersilahkan para siswa yang ingin berdiri di sejumlah titik rute mobil jenazah Eril, untuk memberikan penghormatan kepada putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut.

“Kami mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar maupun organisasi yang hendak mendoakan Eril. Mereka akan berdiri di sejumlah titik dalam rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju makam,” kata Dedi, Minggu (12/6/2022).

Dedi mempersilakan jika ada siswa dan siswi yang akan menyambut dan memberikan penghormatan untuk jenazah Eril menuju pemakaman di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

“Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jawa Barat,” katanya.

Dia berharap, siswa dan siswi di Jawa Barat dapat tertib ketika menyambut jenazah Eril.

“Dan mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah,” katanya.

Menurut Dedi, almarhum Eril layak menjadi panutan bagi siswa dan siswi, baik dari segi akademik maupun pribadinya.

Hal itu, ujarnya, yang menjadi alasan dari siswa maupun siswi mengajukan aspirasi untuk menyambut jenazah diperjalanan sebagai penghormatan terakhir.

“Sehingga kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk aman,” ujar dia.

Pihaknya menyampaikan bahwa mengantarkan dan memberikan penghormatan kepada jenazah tidak hanya dianjurkan dalam agama namun juga sebagai indikasi pemahaman atas kehidupan sosial.

“Dan saya berharap siswa siswi dapat memberikan doa yang terbaik untuk ananda Eril. Dan tentunya, mendoakan keluarga Pak Gubernur Jabar agar senantiasa diberikan ketabahan dan kekuatan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.