Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

TNI Gadungan di Tangerang Beli Baju Dinas dan Brevet Via Online Shop – Harianjabar.com

2 min read

Tangerang (harianjabar.com) – Pria berinisial Q di Rajeg, Kabupaten Tangerang diamankan Puspom AL usai mengaku-ngaku sebagai anggota TNI AL. Diketahui Q membeli baju TNI hingga brevet dari online shop.
Kapolsek Rajeg AKP Nurjaman mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari Puspom AL adanya pria diduga TNI gadungan di wilayah Rajeg. Saat diamankan di kediamannya pada Kamis (9/3) pekan lalu, sederet barang bukti turut disita.

“Satu setel PDL beserta atribut, satu buah sepatu PDL, satu buah tas loreng TNI, satu buah topi dinas TNI, enam lembar foto menggunakan pakaian seragam TNI AL,” kata Nurjaman saat dihubungi, Senin (13/3/2023).

Dalam pengungkapan kasus tersebut, juga turut diamankan pakaian dinas harian TNI AL, tanda jasa hingga brevet TNI. Dari pengakuan awal, Q membeli barang-barang tersebut dari online shop.

“Baju seragam PDH AL berikut atribut lengkap mendapatkan beli dari online shop,” imbuhnya.

Motif Ngaku-ngaku Jadi TNI
Sebelumnya, polisi mengungkap pengakuan Q mengaku-aku sebagai anggota TNI AL. Pelaku berdalih cita-citanya sebagai tentara tidak kesampaian.

“Adapun pengakuan terduga TNI gadungan yang bernama saudara Q tersebut memakai seragam TNI AL berikut atribut TNI AL lengkap, karena merasa cita-citanya dahulu ingin menjadi seorang TNI dan tidak kesampaian cita-citanya,” kata Kapolsek Rajeg AKP Nurjaman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/3).

Nurjaman mengatakan Q telah memakai seragam TNI sejak tahun 2021 usai orang tuanya meninggal dunia. Menurutnya, Q mengenakan seragam TNI AL bertujuan untuk berfoto, termasuk saat foto prewedding bersama istrinya, MNS.

“Yang bersangkutan mengaku sebagai anggota TNI dan memakai seragam TNI sejak tahun 2021. Dan yang bersangkutan bertujuan memakai seragam TNI untuk seragam pribadi hanya untuk berfoto-foto, dan memakai seragam TNI AL untuk foto prewedding pernikahannya dengan istrinya pada awal Desember 2022,” jelasnya.

Penjelasan Puspom AL

Pria berinisial Q ditangkap setelah mengaku-ngaku sebagai anggota TNI AL di Rajeg, Kabupaten Tangerang. Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) menjelaskan pengungkapan kasus tersebut.

Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso mengatakan mulanya beredar foto pria yang mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Letkol. Puspom AL curiga pria itu bukanlah anggota TNI benaran.

Pihak Puspom TNI AL kemudian menelusuri pria tersebut ke Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, pada Kamis (9/3). Setiba di rumah pelaku, pihak Puspom meminta konfirmasi istri pelaku berinisial M dan dilakukan penggeledahan.

“Setelah dilaksanakan penggeledahan di dalam rumah tersebut, ditemukan beberapa atribut TNI lengkap dengan perlengkapannya seperti tanda pangkat, tanda jasa, brevet, tutup kepala, sepatu militer dan tas loreng,” kata Wahyu Santoso dalam keterangannya, Senin (13/3/2023).

Tim gabungan lalu membawa Q ke Mako Puspomal Kelapa Gading untuk pendalaman. Wahyu menyebut penangkapan terhadap TNI gadungan sudah sering dilakukan. Pihaknya juga meminta masyarakat berhati-hati dan mengetahui cara membedakan prajurit yang asli dan gadungan.

“Sebagai antisipasi dampak yang berpotensi meresahkan masyarakat, karena sering terjadi tindak penipuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang dilakukan oleh oknum TNI gadungan,” ujarnya.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *