Harianjabar.com

Media online jawa barat | media jawa barat | informasi jawa barat | berita jawa barat | berita bandung | gubernur jawa barat | walikota bandung | walikota bogor | info kuliner jawa barat | Media Jabar | Jabar Online news | Jabar news | Berita online jawa barat | Media online jabar | Info jabar | Harian Jabar.

5 Fakta Menarik HUT RI ke-78: Jokowi Joget Rungkad hingga Sepatu Paskibraka Copot

3 min read

Jakarta (harianjabar.com) – Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada hari ini, Kamis, 17 Agustus 2023, memiliki sederet fakta menarik.

Di mulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta istrinya Iriana Jokowi asyik berjoget mengikuti alunan musik ‘Rungkad’ hingga sepatu paskibraka pembawa baki berisi bendera Merah Putih copot saat upacara tengah berlangsung.Ada pula Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kaesang yang mendapatkan hadiah sepeda karena pakaian adat yang dikenakannya dinilai terbaik. Berikut sederet fakta menarik HUT RI ke-78.

Jokowi dan Iriana joget Rungkad

Usai upacara pengibaran bendera merah putih dalam upacara HUT Ke-78 RI, Putri Ariani berkesempatan menyanyikan lagu ‘Rungkad’.

Jokowi yang mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng awalnya hanya joget dari kursinya. Sementara itu Iriana Jokowi nampak juga asik berjoget di samping Jokowi.

Setelah beberapa saat, Jokowi nampak berdiri untuk merespons ajakan masyarakat untuk berjoget bersama. Jokowi kemudian nampak duduk kembali ke kursinya dan mempersilakan masyarakat berjoget hingga lagu berakhir.

Kaesang dan Sri Mulyani dapat sepeda

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kaesang Pangarep mendapatkan sepeda dari Jokowi karena dinilai mengenakan pakaian adat terbaik saat menghadiri upacara perbaikan bendera merah putih.

Dalam acara itu, Sri Mulyani memakai baju adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, meraih juara kelima. Sementara Kaesang mengenakan baju adat suku Minahasa, Sulawesi Utara, meraih juara keempat.

Selain Sri Mulyani dan Kaesang, hadiah sepeda juga didapatkan oleh tiga orang lainnya. Mereka antara lain Raja Amarasi yang memakai pakaian adat NTT sebagai juara pertama, lalu juara kedua Gretty yang mengenakan pakaian adat Bengkulu, dan juara ketiga diraih oleh Kohar yang memakai pakaian adat asal Banyuwangi.

Jokowi pakai baju daerah Solo

Dalam acara itu, Presiden Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng. Baju Ageman umumnya dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji.

Pakaian itu biasanya digunakan raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat. Saat ditanya alasannya memilih baju tersebut, Joko menyebut dirinya ingin menjajal semua pakaian dari barat hingga ke timur Indonesia.

Sepatu Paskibraka copot

Sebuah insiden kecil sempat terjadi di tengah upacara pengibaran bendera merah putih. Lilly Indriani Suparman Wenda, Paskibraka yang terpilih sebagai pembawa baki berisi bendera Merah Putih, mengalami copot sepatu saat upacara tengah berlangsung.

Momen itu terjadi usai Lilly bersama pasukannya selesai mengibarkan bendera Merah Putih. Saat Paskibraka hendak membentuk ulang formasinya, sepatu kiri Lilly tampak copot dan tertinggal di tengah lapangan.

Meski sepatu tersebut terlepas, Lilly nampak tenang dan tetap tersenyum. Siswi SMAN 1 Wamena perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan itu tetap melakukan langkah tegap maju bersama pasukannya dan menyelesaikan prosesi pengibaran bendera.

Rekan Lilly juga nampak profesional dan meninggalkan lapangan upacara meski melihat satu kaki Lilly tanpa sepatu.

Dihadiri artis

Sederet artis juga mendapat undangan untuk mengikuti upacara HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023. Mulai dari Indra Bekti, Asri Welas, Ayu Dewi, Aurelie Moeremans, Indy Barends, Widi Mulia, Nicholas Saputra, Nirina Zubir, Ernest Cokelat, dan Arda Naff. Mereka kompak memamerkan momen tersebut dan membagikan kesan mereka di media sosial.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *